Tampil cantik dengan homemade face masks

Hayo siapa disini yang suka maskeran? Akhir-akhir ini aku lagi hobi nyobain racik bahan-bahan yang ada di rumah untuk dijadikan masker. Rasanya bahagia saat berhasil menemukan masker yang cocok untuk kulit terus bisa langsung dibuat sendiri. Ditambah lagi kalau bahan yang digunakan alami, selain lebih hemat tapi juga sudah pasti bebas dari bahan kimia yang bisa berdampak buruk di kemudian hari. Buat temen-temen yang ingin diy masker alami tapi masih bingung gimana caranya, yuk ikutin tips dibawah ini :

1.       Kopi
Suka sekali kalau udah cium wangi kopi, bikin relax. Taukah kalian selain aromanya yang menenangkan, kopi juga mengandung anti-oksidan kuat seperti polifenol terutama pada kopi arabika. Kopi dapat memperbaiki garis-garis halus di wajah, melindungi dari radiasi sinar UV, meningkatkan produksi kolagen, dan mencegah akumulasi lemak berlebihan. Yang perlu disiapkan dalam masker ini adalah biji kopi yang sudah dihaluskan (kopi bubuk), 1 tsp gula, 1 tbsp plain yoghurt (ini bisa di skip atau bisa diganti dengan susu). Campur semua bahan, terus oleskan ke seluruh wajah menggunakan kuas. Biarkan selama 15 menit atau sampai mengering dan bilas menggunakan air dingin dan sedikit gerakan memutar supaya terangkat sel kulit matinya.


2.       Lidah buaya
 Kayaknya lidah buaya termasuk salah satu tanaman yang harus dimiliki dalam setiap rumah, karena banyak manfaatnya. Dengan lidah buaya kita bisa memanfaatkan dagingnya untuk mengobati luka bakar, masker rambut, diolah untuk dikonsumsi, dan juga untuk masker wajah. Lidah buaya memiliki kandungan beta carotene, vitamin C, vitamin E yang baik untuk kulit dan mampu mencegah proses penuaan dini. Biasanya aku mencampurkan sedikit daging/gel bening lidah buaya, coconut oil, dan madu lalu diblender sampai halus. Kalau sudah hancur dan menyatu, langsung deh aplikasikan ke wajah dan leher menggunakan kuas. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas menggunakan air dingin.

3.       Tomat
source : pinterest
 Sebagai pecinta sambal, tomat adalah salah satu item yang wajib ada di dalam kulkas. Tomat dikenal mengandung anti-oksidan yang tinggi, makanya nggak heran kalau banyak produk kecantikan yang memanfaatkan kandungan tomat seperti dalam sheet mask misalnya. Sebenarnya dengan cara mengkonsumsi saja udah cukup banget. Tapi ampunilah keserakahan ini, suka nggak puas kalau cuma dimakan aja. Konon katanya tomat berkhasiat untuk memperlambat penuaan pada kulit, mencerahkan, mengecilkan pori-pori. Kalau ini nggak perlu diracik-racik dulu, tinggal langsung gosok potongan tomat (bagian dalamnya) pada seluruh wajah dengan gerakan memutar. Diamkan kurang lebih 10 menit atau sampai mengering, langsung bilas dengan air dingin. Cara ini bisa dilakukan sebanyak tiga kali seminggu, dan cocok untuk jenis kulit combi to oily dan berjerawat.

4.       Lemon

Si kuning bulat nan menggemaskan ini memang terbaiq! Kandungan vitamin C yang cukup tinggi berguna untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Selain itu kandungan dalam lemon dapat mengobati dan menyamarkan bekas jerawat, menghidrasi dan melembabkan kulit, menjaga elastisitas kulit, melawan radikal bebas, dan paling digemari wanita adalah mencerahkan kulit. Tuh kaaaan bukan bentuk dan warnanya aja yang gemesh, tapi bisa bikin yang pakenya emesh juga bak anaq SMA! Caranya ambil air perasan jeruk lemon sekitar 4 tsp lalu tambahkan madu sebanyak 3 tbsp terus aplikasikan ke seluruh wajah, diamkan selama 5-10 menit dan bilas dengan air dingin. Khusus untuk masker yang satu ini jangan terlalu keseringan ya, karena sifatnya acidic justru akan membuat kulit jadi kering kalo berlebihan menggunakannya.

Meskipun racikan masker di atas belum tentu terbukti secara ilmiah, tapi nggak ada salahnya kan buat dicoba selama bahan yang digunakan bahan alami jadi nggak perlu terlalu kuatir kecuali kalau memang alergi ya. Dari keempat tips diatas, mana  yang pernah temen-temen coba?

Anyway lagi dan lagi postingan kali ini kolaborasi dengan Bandung Hijab Blogger, kalian yang punya hobi menulis dan tertarik di dunia blog juga bisa bergabung caranya langsung cek ke IG nya yaa di @bandunghijabblogger.  See you on my next post girls!

Sintha novia putri

18 comments:

  1. Udah pernah nyoba semua teh aku:"" dijajaaaal๐Ÿ˜€ tp kl di aku pada kurang cocok..

    ReplyDelete
  2. Wahhh ak belom pernah coba kopi jadi masker nih. Biasanya ak campurnya buat lulur ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  3. Wahhh ak belom pernah coba kopi jadi masker nih. Biasanya ak campurnya buat lulur ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  4. Tomat bikin merah merona lho. Padahal yang alami lebih bagus tapi kenapa suka pengen aja gitu beli-beli sheetmask koriyah ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  5. teh klo kopinya yg bukan biji kayak kopi bubuk kemasan bisa ga?

    ReplyDelete
  6. aku pernah coba maskeran pake lidah buaya sama lemon, dan asli udahnya kulit wajahku jadi lebih kenyal trus seger banget.

    ReplyDelete
  7. Duh rajin banget sist, kalo aku masih ada stok masker organik, belum sempat racik sendiri eum๐Ÿ˜‰

    ReplyDelete
  8. kerasa lebih enak ya lebih mudah kalau bikin sendiri juga karena bahannya alami dan mudah didapat

    ReplyDelete
  9. mantul sis ini semua udh aku cobain semua hahaha dan yang alami selalu aman walaupun hsilnya engga instan

    ReplyDelete
  10. Aku juga suka bikin masker alami gitu. Hampir tiap hari dulu pakai tomat

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Patut banget dicoba ini. Karena hasilnya pasti lebih bagus karena bahannya alami.
    Tapi nggak dipungkiri, kalau uda punya anak cari sesuatu yg praktis. Nggak mau ribet yg harus bikin² dulu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ™ˆ

    ReplyDelete
  13. Mau coba masked kopi ah, gampang nih :)

    ReplyDelete
  14. Ya ampun Shinta, kamu rajin bener sih sampe ngeracik masker sendiri. Aku aja yang cuma tinggal templok di muka bawaannya suka males terus hahahaha
    *males adalah passion-ku*

    Tapi terasa jadi lebih natural dan asli kalo bikin sendiri yak, gak ada kandungan yang aneh2. Ntar aku cobain juga deh, kalo lagi gak males hehehe.

    ReplyDelete
  15. Wah wah, boleh-boleh nih resepnya dicoba. Natural ya. Dan pastinya minim alergi kalo bikinan sendiri mah ya.

    ReplyDelete
  16. Belum pernah nyoba.pengen nyoba juga jadinya hehe..

    ReplyDelete
  17. Teh, kalo mau beli mangkok+kuas+sendok takar sama spatula buat DIY maskernya, aku jual looh. Japri yaa :D

    ReplyDelete
  18. AKu pernah pake masker lemon madu. Waktu itu belum tau efeknya bisa bikin kering kulit. Cuek aja digeber tiap hari ternyata emang bikin kering huhuhu.... Belum coba yang tomat sama kopinya euy

    ReplyDelete

Instagram