STOP LAKUKAN KEBIASAAN BURUK INI SAAT SETELAH MANDI

By Sintha Novia Putri - March 13, 2019



Mandi pasti sudah menjadi rutinitas yang kita lakukan setiap hari, terutama sebelum memulai aktifitas pagi hari. Terkadang mandi juga menjadi sebuah cara kita untuk melakukan relaksasi melepas rasa lelah setelah berkegiatan seharian. Namun masih banyak diantara kita yang masih suka melakukan beberapa kebiasaan di bawah ini saat setelah mandi. Lambat laun beberapa kebiasaan ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan kulit kita loh. Nah sebenarnya apa aja sih? Yuk kita bahas satu-satu gengs!

1. Mengeringkan wajah dengan menggunakan handuk badan

Sebenarnya sah-sah saja mengeringkan wajah dengan menggunakan handuk, tapi akan bermasalah jika handuk yang digunakan sama dengan handuk yang digunakan untuk badan. Bisa dibayangkan ketika handuk yang sudah kita pakai untuk seluruh badan termasuk kaki, lalu kita gunakan juga untuk muka. Jadi sebaiknya mulai dari sekarang sediakan handuk kecil khusus untuk muka, dan jangan lupa untuk tidak menggosok terlalu keras ya.

2. Menggunakan deodorant setelah cukur bulu ketiak
Bagi setiap wanita pasti akan risih jika di area ketiak terdapat bulu lebat. Oleh karena itu mencukur menjadi salah satu solusi ketika tak sempat waxing. Hal yang perlu kamu hindari selanjutnya adalah penggunaan deodorant saat baru mencukur, karena hal ini bisa mengakibatkan kulit ketiak iritasi dan tampak gelap. Jadi lakukan pada malam hari atau ketika kamu sedang tak ada rencana pergi keluar rumah. Sebaiknya beri jeda selama 1 hari full saat setelah mencukur. Untuk kamu yang punya kulit sensitif, deodorant bentuk spray lebih disarankan karena teksturnya lebih ringan dan cepat kering.  

3. Memakai pakaian dalam saat Miss V belum benar-benar kering
Miss V merupakan area yang paling lembap dibandingkan dengan area lainnya. Kondisi inilah yang membuat area ini rentan akan infeksi jamur maupun bakteri terutama dalam keadaan masih basah. Hal ini karena kelembapan yang berlebih dan tertahan dalam waktu lama akan sangat disukai oleh jamur maupun bakteri untuk berkembang. Oleh karena itu sebelum menggunakan pakaian dalam, pastikan untuk mengeringkan dengan benar.

4. Skip menggunakan body lotion

Layaknya kulit wajah, kulit tubuh juga membutuhkan nutrisi dan kelembapan yang cukup. Jadi mulai sekarang jangan pernah skip menggunakan body lotion ataupun produk sejenisnya setiap habis mandi ya. Ini merupakan waktu terbaik untuk diaplikasikan pada kulit agar body lotion bekerja secara maksimal, karena pori-pori kulit dalam keadaan terbuka dapat memudahkan proses penyerapan produk yang digunakan.

5. Menyisir rambut dalam keadaan basah

Tahukah kamu kondisi rambut yang basah akan membuat rambut lebih rapuh dan mudah patah saat disisir? Jadi sebaiknya tunggu sampai rambut setengah kering saat hendak menyisirnya. Memang rambut yang terlanjur kering akan  lebih susah merapikannya ketimbang saat masih basah, tapi hal sepele ini akan merusak kesehatan rambut kamu. Saran dari aku supaya rambut tidak terlalu kusut, kamu perlu menyisirnya terlebih dahulu saat akan keramas dan hindari menggosok terlalu keras supaya rambut tetap rapi dan tidak rontok. Jangan lupa untuk menambahkan serum rambut setelahnya ya.
Nah dari 5 kebiasaan ini apakah kamu termasuk salah satu yang sering melakukannya? Atau bahkan masih ada kebiasaan lainnya lagi? Share yuk di kolom komentar

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Ya ampun aku masih banyak banget ngelakuin beberapa hal di atas :"( Thank you mbak udah diingetin!

    ReplyDelete
  2. We all make these mistakes after bath and don`t even pay attention to it. But beauty is what made of such little things.

    ReplyDelete