(REVIEW) RAIKU BEAUTY BRIGHTENING SERIES

By Sintha Novia Putri - November 10, 2018

Sekarang produk skincare keluaran brand lokal udah banyak banget yang bagus yah. Seneng banget deh melihat brand lokal yang semakin inovatif dan sangat menjaga kualitasnya. Salah satu brand lokal yang memiliki nama unik adalah Raiku Beauty, sepertinya nama ini berasal dari kata Rai, ku, dan beauty yang artinya wajahku cantik. Kali ini aku akan review brightening series dari Raiku Beauty yang sudah aku coba kurang lebih tiga minggu.

ABOUT THE BRAND

Raiku Beauty adalah brand skincare lokal dengan konsep cantik alami. Meski brand ini tergolong baru, tapi Raiku cukup menarik perhatian para skincare junkies, termasuk aku hehe. Raiku Beauty percaya bahwa setiap orang punya kecantikan masing-masing yang tidak bisa didefinisikan oleh satu standar saja. Oleh karena itu di akun Instagramnya, kita bisa lihat model di campaign Raiku Beauty dengan bermacam-macam warna kulit, usia, dan bentuk tubuh hanya menggunakan produk Raiku saja tapi mereka terlihat cantik meskipun dalam keadaan bare face dan tanpa beauty filter. Semua produk Raiku diformulasikan dengan bahan berkualitas dan tanpa kandungan paraben maupun bahan berbahaya lainnya, terbukti karena  sudah memiliki  Sertifikasi Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) dari BPOM dan juga jaminan halal dari MUI.


ABOUT THE PRODUCT
Raiku membagi produknya menjadi tiga kategori berdasarkan target pengguna dan fungsinya, yaitu :
1. Cleansing Series 
Rangkaian pembersih wajah untuk membersihkan debu maupun sisa make up sehingga kulit mampu menyerap rangkaian skincare berikutnya secara maksimal. Terdiri dari cleansing cream dan cleansing foam
Cleansing series mengandung bahan aktif yang bisa digunakan setiap hari diantaranya :

  • Ekstrak bunga chamomile : membantu mencerahkan warna kulit dan mengencangkan pori-pori.
  • Vitamin E : berperan sebagai pelembab kulit dan membantu menyamarkan bintik hitam di wajah. 
  • Ekstrak beras : mengandung antioksidan alami, melawan radikal bebas dari lingkungan maupun sinar matahari, mencerahkan dan melembabkan kulit.

2. Brightening Series
Rangkaian ini ditujukan untuk semua usia yang ingin melembabkan dan mencerahkan kulit. Terdiri dari brightening toner, brightening serum, brightening morning cream SPF 15, dan brightening night cream. Kandungan aktif dalam series ini adalah :
  • Niacinamide : membantu melembabkan wajah sehingga dapat menyamarkan noda dan keriput, mencerahkan dan meratakan warna kulit.
  • Ekstrak beras : mengandung antioksidan alami, melawan radikal bebas dari lingkungan maupun sinar matahari, mencerahkan dan melembabkan kulit.
  • Safflower : menjaga kelembaban wajah dan membuat wajah tampak lebih bercahaya.
  • AHA : sebagai eksfoliator untuk mencerahkan wajah dan mengatasi masalah pigmentasi.
3. Anti Aging Series
Series ini ditujukan untuk usia 25 tahun ke atas untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Terdiri dari Anti aging toner, anti aging serum, anti aging morning cream, dan anti aging night cream. Bahan aktif yang terkandung dalam series ini adalah :

  • Niacinamide : membantu melembabkan wajah sehingga dapat menyamarkan noda dan keriput, mencerahkan dan meratakan warna kulit.
  • Susu : membuat kulit tampak lebih cerah.
  • Hyaluronic Acid : mempertahankan kelembaban dan keremajaan kulit serta menghaluskan dan melembutkan kulit.
  • Kolagen : menjaga kulit agar tetap elastis dan kenyal.


Raiku Beauty Cleansing Cream & Cleansing Foam

Packaging :
Kalau dilihat sekilas, packaging dari kedua produk ini memang tampak identik sama. Keduanya berbentuk tube dengan warna dasar putih dan pattern warna biru dan hijau pastel. Tapi coba deh lihat lebih lama lagi, ternyata packaging cleansing cream sentuhan pattern di bagian depannya lebih sedikit dibandingkan cleansing foam. Kalau ingin lebih cepat lagi, kita dapat membaca informasi nama produk dari tulisan bagian depan, so don’t be worry guys nggak bakalan ketuker kok karena cleansing foam pasti kamu simpan di kamar mandi. Di bagian belakang, terdapat informasi jelas tentang produk, cara pakai, cara penggunaan, ingredients, produksi, netto, dan juga exp date.


Claim :
Efektif mengangkat sel kulit mati tanpa membuat wajah menjadi kering ataupun iritasi, kulit menjadi segar, kenyal, dan tampak lebih cerah. Mengandung bahan aktif yang bisa digunakan setiap hari. Bahan aktif yang digunakan adalah :
Cleansing cream :
  • Ekstrak bunga chamomile : membantu mencerahkan warna kulit dan mengencangkan pori-pori.
  • Vitamin E : berperan sebagai pelembab kulit dan membantu menyamarkan bintik hitam di wajah.
Cleansing foam :

  • Ekstrak beras : mengandung antioksidan alami mampu meminimalisir kerusakan karena radikal bebas dari lingkungan atau sinar matahari, membantu mencerahkan dan melembabkan kulit.

Texture :
brightening cleansing cream
brightening cleansing foam
Keduanya memiliki texture yang creamy berwarna putih dan nggak thick. Cleansing foam-nya menghasilkan busa yang lumayan banyak.


Direction to use :
  • Oleskan cleansing cream secara merata pada wajah, lalu hapus menggunakan kapas.
  • Setelah wajah bersih dari debu serta makeup, aplikasikan cleansing foam diseluruh wajah lalu bilas menggunakan air, gunakan pada pagi dan malam hari.

Ingredients :
  • Cleansing cream : Aqua, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Cetearyl Alcohol, Dimethicone, Ricinus Communis Seed Oil, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Cetearyl Glucoside, PEG-20 Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Allantoin, Triethanolamine, Chamomilla Recutita Extract, Disodium EDTA, Tocopheryl Acetate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Cross Polymer, BHT, Benzotriazolyl Dodecyl p-Cresol, Glucose
  • Cleansing foam : Glycerin, Aqua, Stearic Acid, Sodium Laureth Sulfate, Propylene Glycol, Cocamidopropyl Betaine, Myristic Acid, Potassium Hydroxide, Sodium Cocoyl Alaninate, Cocamide DEA, Acrylates Copolymer, Sodium PCA, DMDM Hydantoin, Oryza Sativa Bran, Inositol, Sodium Lactate, Disodium EDTA, Fragrance.

Price – Netto :
  • Cleansing cream : IDR 68.000 - 60 g
  • Cleansing foam : IDR 68.000 - 60 g

Review :
Setelah mencoba kedua produk ini aku super suka, kedua produk cleansing ini sangat cepat mengangkat kotoran sisa make up di wajah, kulit terasa lebih lembab nggak kerasa ketarik gitu dan lebih bersih. Sebenarnya ini pertama kalinya aku menggunakan cleansing cream, biasanya aku menggunakan micellar water untuk membersihkan wajah. Sempet degdegan pas pertama nyobain, tapi ternyata setelah dicoba malah ketagihan cuuuy.

Raiku Beauty Brightening Toner

Packaging :
Untuk packaging-nya sangat simple, berupa botol flip top dengan desain yang sama seperti cleansing series, hanya saja patternnya berwarna soft pink.


Claim :
Dapat mengangkat sisa kotoran dan make up dengan mudah.

Texture :
Texture-nya sama seperti toner pada umumnya cair dan transparan seperti air.

Direction to use :
Tuang toner pada kapas dan oleskan secara merata pada wajah di pagi dan malam hari setelah pemakaian Raiku Cleansing Foam.

Ingredients :
Aqua, Butylene Glycol, Methylpropanediol, Glycerin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, Niacinamide, Inositol, Imidazolidinyl Urea, Propylene Glycol, Allantoin, Panthenol, Menthyl Safflowerseedate, Disodium EDTA, Sodium Lactate, Triethanolamine, Oryza Sativa Bran, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Chamomilia Recutita Extract, Tocopheryl Acetate, Tromethamine.

Price – Netto :
IDR 98.000 – 100 ml

Review :
Tonernya benar-benar bisa mengangkat sisa make up. Biasanya aku tuh suka bosen nungguin toner meresap biar bisa lanjut ke skincare berikutnya, tapi raiku brightening toner sangat cepat meresap di kulit jadi nggak perlu lagi deh nunggu lama-lama. Eh iya toner ini tergolong eksfoliator toner, jadi jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya ya.


Raiku Brightening Serum

Packaging :
Dari semua rangkaian produk Raiku, hanya serum lah yang menggunakan box. Bentuk packaging-nya botol dan aplikatornya menggunakan pipet. Karena ukuran botolnya hanya 30 ml, jadi seluruh info produk dicantumkan hanya pada box-nya saja. 


Claim : 
Kandungan Niacinamide dan rice extract dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat warna kulit tampak lebih cerah. Safflower dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya dan AHA membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan tekstur kulit.

Texture :
Teksturnya cair sedikit kental dan transparan.

Direction to use :
Oleskan secara merata pada pagi dan malam hari setelah pemakaian Raiku Brightening Toner.

Ingredients :
Aqua, Niacinamide, Glycerin, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Inositol, Cyclohexasiloxane, Phenoxyethanol, Allantoin, Oryza Sativa Bran, Sodium Polyacrolloyldimethyl Taurate, Imidazolidinyl Urea, Propylene Glycol, Menthyl Safflowerseedate, Triethanolamine, Hydrogenated Polydecene, Sodium Lactate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Trideceth-10, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Chamomilla Recutita Extract, Tromethamine, Dimethiconol, Cyclotetrasiloxane.

Price – Netto :
IDR 148.000 – 30 ml

Review :
Serum ini enak banget diaplikasiinnya, cepat merata di kulit. Ada sensasi rasa lengket setelah digunakan, tapi nggak lama kok karena produknya cepat meresap.

Raiku Brightening Morning Cream SPF 15 & Night Cream

Packaging :
Sama seperti cleansing series, kedua produk ini memiliki packaging yang sama persis berbentuk tube flip top dengan warna dasar putih dan pattern warna soft pink. Pattern pada kedua produk ini sama persis jadi jangan sampai tertukar ya guys. Pada bagian tubenya diberi segel  menggunakan aluminium foil, jadi lebih terjamin isinya higienis. Mantul!



Claim :
Kandungan Niacinamide dan rice extract dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat warna kulit tampak lebih cerah. Safflower dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya dan AHA membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan tekstur kulit.

Texture :

brightening morning cream
brightening night cream
Teksturnya kedua krim ini sama-sama berwarna putih pekat, hanya saja morning cream teksturnya lebih creamy dan thick dibandingkan dengan night cream.

Direction to use :
Oleskan secara merata setelah pemakaian Raiku Brightening Serum. Morning cream di pagi hari dan night cream di malam hari.

Ingredients :
  • Raiku Brightening Morning Cream SPF 15 : Aqua, Butylene Glycol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glycerin, Acrylates Copoluymer, Cyclopentasiloxane Aluminum Starch Octendlysuccinate, Niacinamide, C12-15 Alkyl Benzzoate, Silica, Sodium Polyacryloyldimethyl Taurate, Inositol, Cyclohexasiloxane, Titanium Dioxide, Hydrogenated Polydecene, Phenoxyethanol, Caprylic/Capric, Triglyceride, Oryza Sativa Bran, Allantoin, Imidazolidinyl Urea, Triethanolamine, Chamomilla Recutita Extract, Sodium Lactate, Dimethicone Crosspolymer, Trideceth-10, Menthyl Safflowerseedate, Disodium EDTA, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Fragrance, Dimethiconol, Cyclotetrasiloxane
  • Raiku Brightening Night Cream : Aqua, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Glycerin, Niacinamide, Acrylates Copolymer, Cyclohexasiloxane, Sodium Polyacrylloyldimethyl Taurate, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Inositol, Oryza Sativa Bran, Caprylic/Capric Triglyceride, Hydrogenated Polydecene, Phenoxyethanol, Allantoin, Zinc Oxide, Imidaxolidnyl Urea, Menthyl Safflowerseedate, Triethanolamine, Chmaomilia Recutita Extract, Dimethicone Crosspolymer, Trideceth-10, Sodium Lactate, Disodium EDTA, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Cyclotetrasiloxane, Dimeticonol.

Attention :
Krim ini mengandung bahan aktif AHA, gunakan selalu pelembab yang mengandung SPF pada siang hari.



Price – Netto :
  • Raiku Brightening Morning Cream SPF 15 : IDR 98.000 – 40 g
  • Raiku Brightening Night Cream : IDR 98.000 – 40 g


Review :
Fix aku suka sama day cream-nya, meskipun teksturnya yang creamy dan thick tapi saat diratakan tektsturnya jadi seperti watery jadi cepet banget meresapnya. Nggak bikin lengket sama sekali, dan ampuh mencerahkan wajah.

CONCLUSION
(+) Mencerahkan dan melembabkan wajah
(+) Kandungan bahan aktif yang aman digunakan setiap hari, dan tanpa paraben
(+) Formulasinya ringan dan cepat menyerap di kulit
(+) Sudah terdaftar di BPOM dan MUI
(+) Packagingnya simple & travel friendly
(+) Affordable price

(-) Belum tersedia di offline store

Where to buy : Shopee, Tokopedia, JD.ID, Lazada, Blibli, Bukalapak

Get to know more about Raiku Beauty : 
Instagram : Raiku Beauty
Whatsapp : +6281282909029
Line : @raikubeauty



  • Share:

You Might Also Like

22 comments

  1. Packagingnya cute banget.
    Kebetulan aku juga ada produk raiku yang seri brightening.

    Makasih kak atas reviewnya ^^ ditunggu selanjutnya

    ReplyDelete
  2. Aku suka deh sama desain packaging mereka yang konsisten. Aku sebenarnya kurang cocok untuk rangkaian brighteningnya, tapi suka banget sama cleansernya. Bagus untuk membersihkan makeup.

    ReplyDelete
  3. Warna packaging nya kiyutt, cewe banget. Aku penasaran sm night cream nya. Tapi ini bisa dipake buat bumil, busui, atau promil g ya?

    ReplyDelete
  4. Komplit yaaa mba skin carenya. Aku tertarik deh untuk cobanya. Terutama untuk seri yang anti aging sama whitening tuuuh

    ReplyDelete
  5. Gak diragukan lagi sama produk satu ini, soalnya udah banyak banget beb yang review juga, apalagi efek brightening nya top ya!

    ReplyDelete
  6. Aku make produk ini jugaa dan paling suka sama serumnya. Bikin muka jadi kenyel" gitu. Dan kalau efek brighteningnya lumayan lah di aku

    ReplyDelete
  7. Aku juga pengguna raiku nih ka, aku suka sama tekstur dan harumnya, ditunggu next reviewnya ya kak

    ReplyDelete
  8. Produk skincare lokal baru yanh pengen ku coba nih, raiku. Pengen coba toner sama brightening serum nya, naksir

    ReplyDelete
  9. Produk ini juga udah aku pake selama beberapa waktu lalu hasilnya bikin kita makin pede sama bareface ��

    ReplyDelete
  10. Aku paling suka sama serumnya. Enteng banget di wajah, nggak greasy sama sekali, dan nggak lengket. Setelahnya kalo dipakein makeup pun, nggak bikin geser. Malahan bikin awet menurutku. Bagus nih produknya.

    ReplyDelete
  11. aku mulai tertarik nih sama raiku setelah baca reviewnya dimana mana kayaknya lagi hype banget yg paling pengen aku cobain itu yg anti agingnya deh penasaran

    ReplyDelete
  12. Raiku product local tapi kwalitasnya mantap, banyak nih yang review pada bagus bagus buat iri nih. Diaku gak begitu cocok BO

    ReplyDelete
  13. Penasaran sama cleansing cream-nya raiku, pengen step cleansing yang praktis dan bisa membesihkan dengan tuntas

    ReplyDelete
  14. Raiku menurut aku ok lho utk sekelas produk skincare baru. Ngga kalah lah dgn produk skincare 'senior' lainnya. Recomend deh..dan aku juga suka sama warna packaging nya

    ReplyDelete
  15. jadi ini beneran bikin wajah cerah kah? soalnya rada skeptis sama produk yg brightening tp gak ada efek apa apanya

    ReplyDelete
  16. Banyak banget yang ngomongin soal Raiku ini aku jadi penasaran deh. Bisa dibeli di mana aja sih set lengkap skincarenya?

    ReplyDelete
  17. Ini sih aku suka cleansernya, soalnya dia beneran ngangkat makeup banget. Aku udah Cobain in sih, tapi sayang Ada ingredients yang ga cocok di aku

    ReplyDelete
  18. Packaging a simple tapi eye-catching.
    Aku pgn coba yg anti aging series deh heheh.b

    ReplyDelete
  19. Ini super rame banget ya yg review dan hasil reviewnya pada kebanyakan bagus-bagus sih. Aku juga cukup kepo karena kandungan Niacinamidenya.

    ReplyDelete
  20. Aku pakai yang anti aging series dari raiku Beauty ini, kalau menurut aku produknya bagus dan worth it banget untuk kulit

    ReplyDelete
  21. Kak kalau aku kan baru 24 tahun, boleh gak sih pake anti aging series ini? Aku penasaran tp takut blm sesuai jg sama umurnya ..

    ReplyDelete
  22. Aku pake yang anti aging series nih, enak banget bikin kulit super lembab dan ga kusam💕

    ReplyDelete