Yakin 10 steps korean skincare routine bagus untuk kulit kita?

By Sintha Novia Putri - June 01, 2018


korean skincare


Ngerasa gak sih kalo K-Pop dan drakor (drama korea) bukan hanya sukses meracuni para ibu-ibu dan remaja aja, tapi mereka juga sukses meracuni anak-anak SD sekalipun termasuk keponakanku. Aku pribadi alhamdulillah hanya teracuni sama drakornya aja, sampai berhasil meracuni suami untuk ikutan nonton terutama Reply dan Oh My Gembi (dijamin siapapun yang nonton akan melow hehe). Nah sadar gak sadar, aktris korea berhasil bikin para wanita ngiler dengan kulitnya yang sehat dan glowing. Malah aku sampai merhatiin kebiasaan cewek korea itu kaya gimana lewat drakor yang lagi ditonton hehe niat banget emang 😃

10 step korean skin care


Di Indonesia, produk-produk skincare udah banyak dijual bahkan tersedia offline store-nya seperti Innisfree, Tony Moly, Etude House, Skin Food, The Face Shop dan masih banyak lagi. Gak hanya makeup, tapi mereka juga menjual produk untuk skincare-nya. Di negara Korea sendiri, biasanya untuk mendapatkan kulit cantik, sehat, glowing mereka melakukan 10 langkah rutin setiap harinya. Sebanding lah yah, hasil dengan effort-nya. Banyak banget cuy stepnya haha, kadang bersihin makeup aja suka ketiduran apalagi mereka harus melakukan 10 rangkaian, kebayangkan kaya gimana? Buat yang belum tahu 10 steps skincare routine itu apa aja, aku mau sharing sedikit apa aja yang termasuk ke dalam 10 steps skincare routine :



1.       Remove makeup (malam hari)
Menghapus makeup dan sunscreen, baik dengan menggunakan micellar water maupun cleansing oil/balm.
2.       Cleanse
Gunakan face wash yang lembut, dan bilas dengan air hangat kuku (tidak terlalu panas atau terlalu dingin).
3.       Exfoliate
Gunakan scrub khusus wajah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, sebaiknya dilakukan seminggu sekali.
4.       Toner
Gunakan toner untuk melembabkan dan menenangkan kulit. Selain itu toner juga berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit dan mempersiapkan kulit ke langkah skincare selanjutnya.
5.       Essence
Essence dapat membuat kulit lebih mudah menyerap seluruh kandungan skincare yang diaplikasikan setelahnya atau membantu skincare lain supaya bekerja maksimal.
6.       Serums
Sangat disarankan menggunakan serum sebelum moisturizer, supaya seluruh molekul antioksidan dan anti-aging yang dikandung didalamnya bekerja dekat dengan kulit.
7.       Masks
Gunakan masker untuk relaksasi dan melembabkan wajah, biasanya dilakukan seminggu sekali untuk jenis clay, mouse. Untuk jenis sheet mask, bisa digunakan beberapa kali dalam seminggu.
8.       Eye cream
Untuk mencegah lingkaran hitam maupun kerutan di area mata.
9.       Moisturizer
Untuk menjaga kelembaban wajah.
10.   Sunscreen
Melindungi kulit dari sinar matahari.

Sebelum menulis ini, aku sempat tanya mengenai 10 steps korean skincare ke beberapa temanku yang kebetulan lagi sering-seringnya bahas tentang skincare. Ada beberapa dari mereka sudah rutin melakukannya, dan ada beberapa juga yang tidak sampai seluruh 10 steps dilakukan. Tapi apakah sudah membuahkan hasil dari skincare routine tersebut? Yay or Nay? Lagi-lagi jawabannya 50:50.
Menurutku pribadi, sebenarnya 10 steps skincare routine gak bisa dilakukan seluruhnya terutama di Indonesia. Karena secara iklim aja di negara kita dengan Korea berbeda. Kalau di kita lembab & tropis, sedangkan di negara mereka kering dan dingin. Nah tapi, mungkin bisa jadi cocok juga kalo yang kulitnya sangat kering. Cuma kalo kulitnya udah normal-oily, mungkin bakal gak cocok dengan 10 steps-nya karena kebayang kan kalo udah oily apalagi super oily lalu melakukan 10 steps bukannya jadi glowing, yang ada malah jadi kalang minyak (hinyay) 😜 Jadi skincare routine itu fleksibel, ada yang cocok minimalis dan ada juga yang dengan 10 steps. Balik lagi ke tipe dan masalah kulitnya kaya gimana, serta concern-nya apa.



Tapi, mau itu minimalis ataupun 10 steps yang paling penting dan gak boleh terlewat adalah double cleansing. Yup IT’S A MUST walaupun gak pake makeup tiap hari. Meskipun kulit kita gak pake makeup sekalipun, tapi dari debu maupun asap kendaraan dll itu juga bisa bikin kulit wajah kotor dan bermasalah. Kenapa musti double cleansing? Ibarat kaya gigi, kebayang kalo kita cuma pake brush-nya aja atau pasta giginya aja. Pasti gak akan maksimal kan? Nah sama kaya muka, perlu double cleanse juga. Gimana wajah kita mau menyerap semua benefit yang ada dalam toner, essence, serum, moisturizer, etc kalo ternyata bersihinnya aja belum optimal. Biasanya aku menggunakan micellar water terlebih dahulu, baru dilanjut dengan facial foam. Dan jangan terlalu over-cleanse juga, totalitas tapi tidak berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Ya nggak? Selain melakukan skincare routine, makanan yang kita makan juga wajib mendukung. Nah menurut kalian, tipe kulit kalian lebih cocok di minimalis atau 10 steps?


  • Share:

You Might Also Like

13 comments

  1. Wah kalo harus ngikut 10 step itu rasanya repot juga ya 😅 keburu ngantuk 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul teh, apalagi kalo udah seharian aktivitas keburu lelah haha

      Delete
  2. sebenernya sih ga harus 10 step ya sis tergantung kebutuhan muka kita aja kalau kita pake 10 step ternyata ga cocok juga ga baik, dan aku setuju banget yg ga boleh kelewat double cleansing karena itu kunci dari segala kunci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul beb, tergantung sama kondisi kulit kita dan cuacanya kaya gimana

      Delete
  3. kayanya aku lebih cocok minimalis. btw baca konten ini jadi keingetan harus rajin bersihin muka dari makeup, debu dan anak-anaknya. Aku yang kadang suka males bersihin hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. High five, ku juga lebih cocok minimalis. Haha iya sih kadang males apalagi dilanda mengantuk, tp sekarang mah musti maksain kudu 😁

      Delete
  4. Nuhun stepnya udah aku save, karena masih suka salah step nih ternyata. Hahaha. Btw bagian sheetmask aku pake tiap hari dong :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami2 teh. Ahaha sebenernya masih aman sih sheetmask dipake tiap hari, yang ga amannya itu di dompet kan mayan 30rb perhari wkwk

      Delete
  5. Aku termasuk ga ngikutin 10 step itu, yg penting kalo udah bermakeup harus dibersihin sebersih-bersihnya :D

    ReplyDelete
  6. Kalo aku sih tim minimalis soalnya suka keburu ngantuk hehe Yang wajib banget bagi aku sih double cleansing,toner sama moisturizer aja Kalo lagi rajin yaa 10 steps itu aku pasti lakuin wkwk

    ReplyDelete
  7. meet up dong kita bahas per skincare koreaan dan ngerumpi bareng sis

    ReplyDelete
  8. Aku pernah nyoba 10 step skincare, dan cape sendiri hasilnya juga B aja, sejauh ini si masih nyaman dengan 2-3 step skincare hihi.

    ReplyDelete
  9. Klo dari teori, saya tinggal nyari serum nih hehe makasih ya sharingnyaaa

    ReplyDelete