Y.O.U MAKEUP - BRAND LOKAL ANTI LUNTUR

By Sintha Novia Putri - April 10, 2019

Siapa yang suka cranky kalau makeupnya cepet luntur? Makeup kurang tahan lama mengharuskan kita untuk berulangkali touch up supaya tetap terlihat cantik dan gak berantakan ya. Aku sendiri paling males kalau harus touch up, selain ribet tapi juga sungguh merepotkan harus bawa makeup kemana-mana. Nah untuk menjawab permasalahan ini, hadirlah sebuah brand lokal bernama Y.O.U yang menawarkan produk berkualitas premium, tahan lama, dan sesuai dengan kebutuhan wanita Indonesia. Di post kali ini aku akan review beberapa produknya, tapi sebelum masuk ke review mari kita bahas sedikit tentang brand ini…





ABOUT THE BRAND
Y.O.U merupakan singkatan dari Youthful, Outstanding, dan Unique. Baru saja hadir sekitar November 2018 dan merupakan brand kosmetik lokal berkualitas premium dengan konsep Modern Glam. Tak hanya menyediakan produk makeup saja, tapi juga dilengkapi dengan beauty tools-nya. Memiliki tagline “Long-Lasting Beauty” sehingga setiap produknya mampu menghasilkan makeup yang tahan lama. Oleh karena itu makeup ini sangat cocok digunakan untuk wanita aktif agar selalu tampil percaya diri tanpa khawatir makeup luntur.
Y.O.U diformulasikan khusus untuk kulit wanita Indonesia dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan aman. Setiap produknya diproduksi di Shanghai Ayara Cosmetics Co, LTD, China dan diimpor oleh PT Nayue Kosmetik Indonesia. Jadi ini produk lokal atau bukan ya? Di acara youga class with Y.O.U yang pernah aku ikuti, Y.O.U mengkonfirmasi kalau produk ini lokal. Y.O.U sudah terdaftar di BPOM, cruealty free dan vegan friendly. Sayangnya aku belum menemukan logo MUI pada produk Y.O.U ataupun dinyatakan dalam website-nya, jadi nggak ada jaminan apakah setiap produknya halal atau tidak, semoga sih halal ya L

FULL COVERAGE LIQUID FOUNDATION – SHADE 02 NATURAL

Ngomongin soal packagingnya, pada bagian luar Full Coverage Liquid Foundation (FCLF) diberi box yang disegel oleh plastik bening jadi dapat dipastikan aman dari coba-coba. Sedangkan untuk packaging produknya sendiri lumayan berat karena terbuat dari kaca tebal berbentuk kotak dengan ukuran 30ml. Tutupnya berbahan plastik warna hitam dan aplikatornya berupa pump. Dari segi packaging aku suka karena bentuknya yang kokoh dan gak ringkih sama sekali. Selain itu pump nya juga enak digunakan, gak susah buat ngeluarin isi produknya. Untuk keterangan mengenai detail produk seperti ingredients, exp date, cara pemakaian, netto dapat dilihat pada box sedangkan untuk informasi shade dapat dilihat pada segel maupun botol produk.
FCLF ini hadir dengan 3 pilihan shade yaitu Beige, Natural, dan Light. Aku pakai shade 02 Natural dan ternyata setelah dipakai warnanya memiliki warm tone sehingga tampak sedikit gelap di kulit wajah aku. Y.O.U mengklaim FCLF tahan sepanjang hari dengan hasil akhir flawless matte, selain itu juga mampu menyamarkan noda hitam dan garis halus, high coverage, menyamarkan pori-pori, mencegah proses oksidasi, dan mengontrol minyak berlebih di wajah.

Tekstur foundation ini thick dan creamy sehingga agak susah di blend ditambah lagi cepet banget nge-set jadi hati-hati ya beb pakenya. Untuk tekstur seperti ini aku lebih suka blend menggunakan sponge dibandingkan brush supaya hasilnya lebih flawless dan natural. Saran dari aku sebaiknya totolin foundationnya ke satu area dulu setelah ngeblend baru lanjut ke area lain. Hasil akhirnya sesuai dengan claim, ada sedikit shine-nya sehingga terlihat flawless matte pas banget buat kulit aku yang normal to dry.
Beberapa hari yang lalu aku sempat share di insta stories (atau cek di highlight mini reviewsaat aku menguji ketahanan foundation ini. Bisa dibilang ketahanan FCLF juara, meskipun sempet kehujanan, kena air wudhu, dan juga keringetan tapi foundie ini tetap aman di wajah gak ada crack sama sekali dan pastinya tanpa touch up.

Ingredients :
(BPOM NO. NA11180302014)
Water, Isododecane, Propylene Glycol, Ethylhexyl, Methoxycinnamate, Silica, Ethylhexyl Palmitate, Octocrylene, Cyclopentasiloxane, Sorbitan Sesquioleate, Steareth-21, Paraffin, Tocopherol, Ethylhexyl Glycerin, Fragrance, Iodopropynyl Butylcarbamate. May Contain: C177019, C177491, C177492, C177499

Price – Netto
IDR 99.000 – 30ml

CRYSTAL FACE POWDER – SHADE 03 BEIGE
Seperti FCLF, Crystal Face Powder dilindungi oleh box berwarna kuning dan juga disegel oleh plastik bening. Untuk packaging produknya terbuat dari plastik, berbentuk bulat, dan ukurannya pas untuk dipegang. Produk ini sudah dilengkapi puff yang lembut. Pada bagian box-nya terdapat keterangan mengenai ingredients, exp date, cara pemakaian, netto.



Tekstur Crystal Face Powder sangat lembut, butirannya memiliki partikel yang kecil sehingga terasa sangat halus. Bedak tabur ini memiliki aroma yang cukup kuat, dan enak banget wanginya mirip wangi bunga mawar gitu.
Ada beberapa keunggulan yang diklaim dari produk ini diantaranya diperkaya kandungan vit E yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap sehat serta mencegah oksidasi sebum, menyeimbangkan kadar air dan minyak berlebih sehingga tahan seharian. Tersedia dalam tiga shade diantaranya Beige, Natural, dan Light.
Aku suka sama bedak tabur ini karena sangat ringan. Untuk area T-zone aku yang cenderung memproduksi minyak lebih banyak produk ini tidak menggumpal meskipun dipakai dalam jumlah banyak. Untuk ketahanannya juga bagus, mampu menahan minyak 5-6 jam tanpa touch up.

Ingredients :
(BPOM NO. NA11180400412)
Mica, Dimethicone, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Polymethyl Methacrylate, Talc, Silica, Magnesium Stearate, Triethoxycaprylylsilane, Phenoxyethanol, Tocopherol, Caprylyl Glycol, Rosa Rugosa Flower Oil

Price – Netto
IDR 59.000 – 10g

DUAL EYEBROW STYLER PRO BROW DEFINER - CHOCOLATE
Ini pertama kalinya aku bahas eyebrow, karena sejujurnya aku bukan termasuk tipe pilih-pilih dalam dunia perhalisan. Lebih ke kurang paham dan gak bisa sih haha. Tapi aku suka kalau pensil alis yang dilengkapi dengan spoolie, karena alis aku yang tak pernah tertata rapi jadi aku membutuhkan ini! Makanya cocok banget sama Eyebrow Styler Pro Brow Definer.
Untuk packaging-nya bagian luar hanya diberi segel saja, dan produknya berbentuk seperti pensil dan enak dipegang. Di satu sisi merupakan pencil matic, dan ujung sisi satunya lagi merupakan spoolie brush. Spoolie-nya sangat halus tapi menurutku ukurannya terlalu gendut dan pendek jadi agak susah pas pakenya.

Teksturnya tidak terlalu creamy, cocok banget buat yang gak bisa ngalis karena warnanya gak langsung pop-out dan mudah disesuaikan. Ketahanannya bagus banget, kena air ataupun keringat warnanya tetep ada dan gak geser juga karena memang memiliki formula waterproof. Tersedia tiga shade yaitu Chocolate, Dark Brown, dan Charcoal Grey. Aku pakai yang shade Chocolate, warnanya pas dengan alisku.
Ingredients :
(BPOM NO. NA
Hydrogenated Palm Kernel Oil, Polyethylene, Synthetic Japan Wax, Boron Nitride, Caprylic/Capric Triglyceride, Quaternium-18 Bentonite, Vp/Eicosene Copolymer, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol

Price – Netto
IDR 65.000 – 0,35g

LIPSTICK MATTE – SHADE 08 MIDNIGHT & 09 RUBY

Lipstick ini memiliki packaging berwarna hitam dengan sentuhan warna gold. Aku suka sama semua packaging produk Y.O.U karena simple dan gak berisik. Bagian luarnya diberi box berwarna kuning dan bersegel. Bentuk lipstick ini lumayan gendut, tapi untungnya tingginya pas untuk masuk saku/pouch. Lipstick matte tersedia 9 shade, mulai dari nude hingga bold seperti midnight dan ruby yang aku punya.
Ngomongin soal formula, sesuai namanya kalau lipstick klasik ini memiliki hasil akhir matte. Teksturnya creamy, pigmentasinya pun tidak terlalu bold sehingga masih terlihat natural di bibir. Meskipun begitu lipstick ini mampu menyamarkan sisi bibirku yang gelap. Saat digunakan terasa ringan di bibir dan gak bikin bibir kering. Ketahanannya seperti lipstick klasik pada umumnya, bertahan sekitar 3-4 jam kalau dibawa makan/minum. Selain itu produk ini nggak transferproof.

Ingredients :
Ruby : (BPOM NO. NA11181305105)
Midnight : (BPOM NO. NA11181305106)
Dimethicone , Isononyl Isononanoate , Dimethicone Crosspolymer , Polyethylene , Ethylhexyl Palmitate , Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-2 , Aluminum Starch Octenylsuccinate , Polyglyceryl-2 Triisostearate , Silica , Tocopheryl Acetate , Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol. May Contain: CI15850, CI77491, CI77492, CI77499, CI45410, CI19140, CI77891, CI16035

Price – Netto
IDR 45.000 – 3,2g

BEAUTY SPONGE

Bentuk dari Beauty Sponge ini mirip seperti jam pasir, jadi terdapat lengkungan di bagian tengahnya dan ujung atasnya lancip tapi tidak seruncing teardrop. Untuk ukurannya aku suka karena dia gak terlalu besar dan gak terlalu gendut juga jadi masih enak digunakan untuk coceal ataupun contour.
Beauty Sponge terbuat dari busa polyuretan hidrofolik, teksturnya sangat halus dan cukup bouncy seperti squishy. Ketika kita gunakan untuk membaurkan foundation, hasilnya akhir foundationnya akan lebih flawless dan nggak cakey. Selain itu karena pori-porinya nyaris tak terlihat jadi penyerapan produk juga gak terlalu banyak which is akan lebih hemat. Saat membersihkannya juga mudah cukup diberi sabun pembersih sambil ditekan-tekan saja dibawah air yang mengalir. Kalau mentemen nggak punya sabun khusus untuk membersihkan makeup tools, bisa menggantinya dengan sabun bayi ataupun sabun muka. Jangan lupa untuk simpan ditempat yang bersih, kering, dan dalam suhu ruangan supaya tidak berjamur.

Price
IDR 49.000




  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. meni geulis kieu beb, keren ih udah up lagi aja huhuhu mantul

    ReplyDelete
  2. Sumpaaah foundationnya cuma 99rb??? Murah banget dan udah dapet pump pula! Jadi pengen cobain deh, semoga ada shadenya buat kulitku!

    ReplyDelete