FESTIVAL BUNDA GENERASI MAJU BERSAMA SGM BUNDA

By Sintha Novia Putri - August 02, 2019


Assalamualaikum, apa kabar mentemen semuanya? Semoga sehat dan baik selalu ya, aamiin. Post kali ini akan berbeda dari sebelumnya, hehe karena disini aku mau sharing tentang kehamilan. Beberapa hari yang lalu tepatnya 28 Juli 2019, aku diundang untuk menghadiri Festival Bunda Generasi Maju yang diselenggarakan oleh SGM Bunda di Taman Tegallega, Bandung. Sebelumnya festival ini sudah diadakan di beberapa kota lainnya, diantaranya  Surabaya, Jogjakarta, dan Jakarta.
Acara ini ditujukan untuk memberikan edukasi seputar kehamilan dengan mengusung tema “Bunda Sehat Sebagai Langkah Awal Dukung Generasi Maju”. Sewaktu tau, rasanya antusias banget karena jujur ini pertama kalinya aku ikut ke acara parenting seperti ini. Terlebih lagi edukasi seperti ini sangat dibutuhkan untuk setiap wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan atau bahkan sedang di masa kehamilan. Alhamdulillah pak suami ikut antusias dan semangat mengikuti seluruh rangkaian acara festival sampai akhir hihi.

Tentang SGM Bunda
Aku gak yakin diantara mentemen disini ada yang belum pernah dengar bahkan asing dengan yang namanya SGM Bunda. Meskipun begitu, aku tetap ingin berbagi sedikit apa yang aku ketahui tentang SGM Bunda. Semoga bermanfaat yaa!
SGM Bunda diproduksi oleh Sarihusada Generasi Mahardhika yang telah berpengalaman selama lebih dari 65 tahun. Sejak tahun 2012, SGM Bunda mendukung pemenuhan nutrisi Bunda di masa hamil dan menyusui dengan berkolaborasi bersama Ilmuwan International di pusat penelitian Nutricia di Belanda dan Singapura.
SGM Bunda berkomitmen mendukung kesehatan Bunda hamil untuk menjadi langkah awal anak generasi maju dengan 5 potensi prestasi yaitu berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, mandiri, supel, dan percaya diri. Ada dua cara yang dilakukan oleh SGM Bunda diantaranya :

  1. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang lengkap dan lezat untuk Bunda hamil hingga menyusui dengan formula COMPLINUTRI. Susu SGM Bunda mengandung minyak ikan, zat besi, asam folat, kalsium dan vitamin D yang tinggi. Susu SGM hadir dengan tiga varian yaitu cokelat, stroberi, dan jeruk.
  2. Memberikan edukasi untuk para Bunda hamil melalui kampanye “Langkah Awal Dukung Generasi Maju” dalam bentuk edukasi media digital dan kegiatan acara temu Bunda. Untuk edukasi online bisa Bunda dapatkan di media-media sosial yang dikelola oleh SGM Bunda, baik di halaman Facebooknya, maupun di akun instagram @sgmbunda.

Festival Bunda Generasi Maju
Sesuai temanya, acara ini memang dikhususkan untuk para Bunda Hamil dengan beragam kegiatan edukatif dan menyenangkan. Acara dimulai tepat jam 8 pagi, aku agak telat beberapa menit karena agak kesulitan mencari area parkir kosong. Seramai itu loh kondisi disana, salut melihat antusias para Bunda yang begitu besar. Untungnya sewaktu aku tiba, talkshow bersama Dokter Obgyn sebagai pemateri pertama belum dimulai hehe.


Sesi talkshow membahas seputar nutrisi penting kehamilan bersama DR. dr. H. Ridwan Abdullah Putra, SpOG (K-FM) CH selaku dokter kandungan dan Mbak Rizha selaku marketing SGM Bunda. Banyak sekali ilmu yang aku dapatkan sesi ini, terlebih lagi sepengalaman di kehamilan pertama kemarin aku masih bingung apa saja yang harus dilakukan selama masa kehamilan. dr. Ridwan menjelaskan empat hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai kehamilan yang sehat sebagai langkah awal dukung generasi maju, yaitu :

1. Nutrisi Kehamilan
Nutrisi kehamilan berada pada point paling atas, karena nutrisi berperan sebagai fondasi Langkah Awal bagi pertumbuhan janin yang sedang dikandung. Masa kehamilan merupakan awal dari periode 1000 Hari Pertama Kehidupan yang akan menentukan kualitas kesehatan si Kecil di masa mendatang.
Pada masa ini, kebutuhan nutrisi Bunda hamil meningkat yang mencakup nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, lemak dan nutrisi mikro seperti zat besi, asam folat, kalsium, dan vitamin D. Makanan yang biasa dikonsumsi oleh Bunda hamil setiap harinya belum tentu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan.
Faktanya 1 dari 2 Bunda hamil di Indonesia mengalami kekurangan nutrisi mikro dan anemia, kondisi seperti ini bisa berdampak buruk bagi Bunda dan janin. Oleh karena itu peran susu formula pada Bunda hamil sangat dibutuhkan untuk membantu melengkapi asupan nutrisi. Bunda dapat mengkonsumsi susu SGM Bunda setiap hari, dengan formula COMPLINUTRI-nya kebutuhan Bunda akan nutrisi harian terutama nutrisi mikro tercukupi.

2. Pemeriksaan Kehamilan
Pemeriksaan kehamilan sangat penting dilakukan oleh para Bunda hamil untuk monitoring secara menyeluruh mengenai kondisi Bunda maupun janin yang sedang dikandungnya. Pemeriksaan kehamilan sangat dianjurkan mulai dari trisemester pertama, dengan harapan dapat dilakukan penanganan secara dini jika ditemukan adanya kelainan.
Saat pemeriksaan kehamilan, sudah menjadi hak para Bunda untuk diperiksa secara menyeluruh mulai dari darah, berat badan, tinggi badan, urin, detak jantung, dan pemeriksaan dalam.

3. Olahraga
Selain memenuhi nutrisi, fisik yang siap juga dibutuhkan dengan melakukan olahraga ringan-sedang secara teratur (setidaknya 3x/minggu) agar tubuh Bunda hamil santai dan bugar. Jenis olahraga yang disarankan seperti jalan kaki, senam hamil, sepeda statis, yoga, berenang, dan khusus untuk umat muslim sholat juga termasuk salah satunya lho. MasyaAllah..
dr. Ridwan menyampaikan beberapa tips olahraga selama kehamilan diantaranya :
  • Hindari latihan posisi terlentang setelah trisemester pertama
  • Hati-hati terhadap penurunan ketersediaan oksigen saat latihan
  • Hindari olahraga berat atau yang dapat menimbulkan cedera terutama pada perut Bunda
  • Perhatikan kecukupan diet dan cairan selama olahraga
  • Rutin berolahraga hingga 4-6 minggu pasca persalinan

4. Manajemen Stress
Bunda harus mampu me-manage stress selama kehamilan. Peran keluarga dan suami sangat penting untuk membantu Bunda agar tetap happy selama menjalani masa kehamilan. Stress pada Bunda hamil dapat menimbulkan beberapa risiko diantaranya :
  • Alergi pada janin
  • Abortus
  • Sistem kekebalan bayi berkurang
  • Terganggunya kesehatan ibu
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress saat hamil seperti menghindari pekerjaan yang berisiko, pola hidup sehat, olahraga teratur, travelling (jika memungkinkan) atau hanya sekedar jalan-jalan ke mall haha. Saat dr. Ridwan menyampaikan poin ini, banyak Bunda yang senyum-senyum menandakan ngajakin shopping sambil lirikin suami (termasuk aku) haha. 
Pemaparan materi selanjutnya dari Mbak Rizha selaku marketing SGM Bunda yang menjelaskan tentang Langkah Awal Generasi Maju dengan 5 potensi prestasi. Mbak Rizha menyampaikan untuk mencapai itu, Bunda butuh nutrisi yang cukup dan juga dukungan orang sekitar.  Oiya kita juga mendapat kesempatan untuk minum bersama susu SGM Bunda Coklat. Selain kaya nutrisi ternyata rasanya enak banget kayak bukan susu hamil lho. Percaya nggak kalau aku sampai minum 2 gelas karena seenak itu hehe.


Di acara festival ini, selain sesi talkshow tapi juga ada sesi prenatal yoga, sesi cooking demo dan juga beauty class. Aku baru tau kalau prenatal yoga bersama suami itu memberikan banyak manfaat lho, selain membuat rileks tapi juga memberikan energy positif untuk calon ayah, Bunda, dan juga si kecil. Saat sesi cooking demo, Cheff Ricky memberikan beberapa kreasi dessert menggunakan SGM Bunda diantaranya Coklat Lapis Alpukat. Kebayang kan selain rasanya nikmat, tapi juga kaya nutrisi untuk Bunda hamil.

SGM Bunda menyediakan beberapa area yang bisa dinikmati secara gratis dan pastinya edukatif dan menyenangkan semua diantaranya :

Area Bunda Sehat


Di area ini, Bunda akan di cek mulai dari berat badan, tensi darah, hingga USG dan konsultasi. Meskipun antriannya agak panjang, SGM Bunda menyediakan banyak kursi untuk menunggu. Nah tapi sayang banget deh rasanya kalau di festival ini kita cuma menghabiskannya dengan duduk-duduk aja. Jadi supaya hemat waktu, setelah mendapat nomor antrian aku mencoba area lain terlebih dahulu sambil menunggu giliran pada area ini.

Area Bunda Cerdas


Pada area ini Bunda akan mendapat edukasi seputar kehamilan dan pasca melahirkan yang disampaikan oleh Mbak Renny. Setelah itu kita bisa menguji kemampuan kita dengan menjawab games Mitos atau Fakta seputar kehamilan. Seneng banget aku dan suami bisa menjawab seluruh pertanyaan dengan benar dan mendapat tas SGM Bunda hihi.

Area Bunda Cantik


Menjalani masa kehamilan, setiap Bunda pasti akan lebih memperhatikan produk kecantikan apa saja yang aman digunakan untuk para Bunda hamil. Pada area ini, Bunda bisa berbelanja kosmetik yang aman untuk Bunda hamil dan pastinya halal. Oiya Wardah juga sempat mengisi acara Beauty Class saat festival berlangsung.

Area Bunda Jajan


Tak terasa waktu makan siang hampir tiba, perut mulai bunyi. Langsung deh melipir ke area ini, untuk menikmati berbagai macam snack dan susu SGM Bunda hihi.

Area Bunda Santai


Nah untuk area ini aku memang agak sengaja ikutnya yang terakhir. Soalnya setelah mengikuti seluruh rangkaian acara kaki mulai terasa pegel. Jadi pas banget untuk rileksasi di area ini. Enak banget deh pokoknya, mendapat treatment massage yang didukung oleh tenaga professional dari Mom & Jo.

Setelah mengikuti seluruh rangkaian acara Festival Bunda Generasi Maju sampai akhir, aku jadi lebih paham tentang apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan selama menjalani masa kehamilan. Jangan sampai masa emas periode awal 1000 hari pertama terlewatkan tanpa mencukupi kebutuhan nutrisi kita dan juga si Kecil. Terima kasih untuk SGM Bunda yang sudah mengadakan kegiatan temu Bunda yang sangat edukatif dan menyenangkan. Semoga dengan adanya kampanye dari SGM Bunda ini, menjadi Langkah Awal Dukung Generasi Maju dengan 5 potensi prestasi yaa, aamiin.

  • Share:

You Might Also Like

2 comments