(REVIEW) MAMONDE VITAL VITAMIN LINE & FIRST ENERGY SERUM : BYE BYE KULIT KUSAM!

By Sintha Novia Putri - September 10, 2019

Ngomongin soal skincare maupun makeup dari Korea memang selalu menarik dibahas ya. Gak salah makanya kalau Korea Selatan dijadikan sebagai kiblatnya tren kecantikan, karena inovasinya selalu terdepan. 
Buat mentemen disini, aku yakin kalian udah pada tau dong sama Amorepacific yang menaungi brand- brand ternama tak hanya di Korea tapi mendunia seperti Laneige, Innisfree, Sulwhasoo. Kabar baiknya Amorepacific mendatangkan satu brand yang termasuk jagoan mereka lagi nih di Indonesia yaitu Mamonde. Jadi gak perlu lagi deh repot dengan jastip hihi. 

Kali ini aku tertarik untuk mencoba dan review produknya yaitu First Energy Serum serta Vital Vitamin Line terdiri dari Vital Vitamin Essence dan Vital Vitamin Cream. Ketiga produk ini memiliki kegunaan untuk melembabkan, menyegarkan, mencerahkan. Mamonde First Energy Serum juga berfungsi untuk melembabkan dan mengencangkan kulit. Produk ini cocok untuk jenis kulit normal dan kulit kering. Terlebih karena belakangan ini aku merasa kulitku kering dan kusam banget, dan juga mulai khawatir sama kerutan-kerutan halus yang ada di area bawah mata dan juga smiling lines aku.

ABOUT BRAND 
Mamonde berasal dari kata Ma (my) dan Monde (world) diambil dari Bahasa Perancis yang artinya My World. Brand yang sudah berdiri sejak tahun 1991 ini, sangat menjagokan kekayaan alam dengan menjadikan bunga sebagai key ingredientsnya. Bunga pun menjadi ikon Mamonde yang merepresentasikan wanita yang selalu percaya diri mengejar mimpi. 
Sejak awal berdiri Mamonde terus melakukan riset dan pengembangan pada bunga, karena mereka yakin bahwa masing-masing bunga memiliki manfaat bagi kecantikan kulit. Gak tanggung-tanggung lho, Mamonde melakukan penanaman bunga sendiri di Mamonde Garden yang terletak di Osan, Korea Selatan. 
Sebelum melanjutkan review, aku ingin membahas sedikit bagaimana urutan pemakaiannya :

Cleanser → First Energy Serum → Toner → Vital Vitamin Essence → Vital Vitamin Cream → Sunscreen → Makeup


1. FIRST ENERGY SERUM 
Sama seperti essence, serum bersifat ringan hanya saja konsentrasinya lebih tinggi ketimbang essence. Serum berfungsi untuk menutrisi kulit dan biasanya memiliki manfaat untuk menangani kondisi kulit tertentu, misalnya melawan tanda penuaan ataupun mencerahkan kulit. Berbeda dengan serum biasanya, karena First Energy Serum ini dipakai dalam skincare urutan pertama setelah cleanser, supaya seluruh molekul antioksidan dan anti-aging yang dikandung didalamnya bekerja dekat dengan lapisan terdalam kulit.

Aku pakai Mamonde First Energy Serum dua kali sehari setelah menggunakan pembersih wajah. Serum ini berfungsi untuk melembabkan, mengurangi kerutan dan garis-garis halus pada kulit, serta mengencangkan kulit. Semuanya karena kandungan cuka bunga yang diperoleh dari hasil fermentasi bunga honeysuckle selama 1 tahun. Fyi, cuka hasil fermentasi alami telah digunakan sejak abad 19 oleh wanita Eropa sebagai metode untuk membersihkan kulit. 
Produk ini sebenarnya sudah hadir dari beberapa tahun yang lalu, tapi nggak pernah terpikir untuk nyoba ditambah lagi memang nggak tersedia di Indo. Namun sewaktu tau Mamonde melakukan upgrading pada pembuatan produk ini aku jadi semangat banget untuk nyoba. Upgrading yang dilakukan diantaranya : 
  1. Menambah durasi fermentasi, jadi dulunya bunga honeysuckle hanya difermentasi selama 60 hari namun sekarang menjadi 1 tahun. Alasannya adalah semakin lama waktu fermentasi akan meningkatkan antioksidan yang dihasilkan sebanyak 45%. Hal ini akan memberikan efek yang lebih baik untuk mengencangkan kulit. 
  2. Baru-baru ini Mamonde menemukan sejenis Lactobacillus pada honeysuckle, dan ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan kulit.

Serum ini memiliki aroma manis yang cukup kuat. First Energy Serum membantu kulit tampak cerah dan lembab. Teksturnya ringan dan cocok digunakan untuk kulit dehidrasi yang kekurangan kadar air dan minyak. First Energy Serum memiliki kemasan berbahan plastik dengan tutup berupa pump
Cara pemakaiannya gampang kok : 
  1. Tuangkan First Energy Serum secukupnya ke telapak tangan. 
  2. Usapkan ke seluruh wajah secara merata. 
  3. Lakukan gerakan memijat, tepuk dan tekan saat mengaplikasikan serum ini, supaya penyerapannya lebih maksimal.
TIPS : 
Untuk mengencangkan kulit, coba deh lakukan pijatan dibawah ini sebanyak 1-2 kali seminggu. Menurut aku sayang banget kalau udah punya First Energy Serum ini tapi nggak melakukan teknik dibawah ini : 
  1. Aplikasikan First Energy Serum ke sebanyak 2 kali lipat dari yang biasa digunakan untuk sehari- hari. 
  2. Pijat dengan menggunakan telapak tangan tepat di bagian bawah ibu jari dengan cara gerakan memutar membentuk lingkaran kecil. 
  3. Pijatan dimulai dari area cekung bawah pipi lalu dorong ke arah luar seperti mengangkat pipi. 
  4. Tarik wajah ke atas sepanjang garis wajah kamu. 

PRICE – NETTO 
IDR 420.000 – 100 ml 


VITAL VITAMIN LINE 

Kita tau kalau tubuh kita sangat membutuhkan vitamin agar tetap sehat, termasuk kulit. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Mamonde menghadirkan Vital Vitamin Line dengan kandungan tujuh vitamin kompleks yaitu ekstrak bunga Bitter Orange, B3, B5, C, E, F, dan P, berikut manfaatnya : 

B3 : mencerahkan kulit dan memperkuat fungsi dari skin barrier pada lapisan teratas kulit 
B5 : menghidrasi, menyamarkan tanda-tanda penuaan 
C   : melawan radikal bebas dan mencegah timbulnya bintik hitam 
E   : menjaga elastisitas kulit 
F   : menghaluskan kulit 
P   : meningkatkan produksi kolagen 

Ekstrak Bitter Orange berfungsi untuk melembabkan dan mencerahkan kulit dengan sifat antioksidannya. Bitter orange merupakan bunga jeruk pahit yang hanya mekar pada periode singkat. Oleh karena itu untuk menjaga aroma manis dan mencegah terjadinya perubahan warna, Mamonde memanen dan meng-ekstrak Bitter Orange setiap hari. 
Selain itu bunga ini dikenal sebagai bahan untuk aromaterapi dalam meremajakan tubuh dan menenangkan pikiran. Oleh karena itu aku tertarik untuk mencoba Vital Vitamin Line, karena produk ini sangat cocok untuk kulit kusam/lelah dan kering seperti kondisi kulitku saat kini. Ada 2 jenis produk pada rangkaian Vital Vitamin Line, yaitu Vital Vitamin Essence dan Vital Vitamin Cream. 


2. VITAL VITAMIN ESSENCE

Buat aku pakai essence itu wajib! Karena essence dapat membuat kulit lebih mudah menyerap seluruh kandungan skincare yang diaplikasikan setelahnya atau membantu skincare lain supaya bekerja maksimal. Formula essence bisa berupa gel, krim, dan juga cair. Untuk Mamonde Vital Vitamin Essence, berformula watery gel. 

Karena packaging-nya berupa botol plastik bening jadi kita bisa melihat isi dalamnya seperti apa. Bisa dilihat kalau essence ini memiliki butiran-butiran kecil berwarna kuning. Butiran ini merupakan vitamin antioksidan yang berfungsi untuk meremajakan dan melembabkan kulit. 

Sewaktu aku pompa dan menuangkannya ke tangan, essence ini tampak bening tidak berwarna. Soalnya butiran-butiran kecil akan boom pecah menjadi partikel yang lebih halus sewaktu dikeluarkan dari pump-nya. Ini membuat essence menyerap lebih efektif. Teksturnya yang berair membuat essence ini mudah merata di seluruh wajah dan cepat menyerap di kulit. Rasanya ringan di kulit tanpa meninggalkan sensasi lengket. Kulitku ter-charge dengan baik saat pakai essence ini, wajah jadi seger banget deh pokoknya. Biasanya aku pakai Vital Vitamin Essence di pagi hari dan malam hari setelah menggunakan First Energy Serum dan toner, caranya: 
  1. Ambil essence secukupnya, sekitar 1-2 pump
  2. Usapkan secara merata pada seluruh wajah mengikuti tekstur kulit. Tepuk-tepuk dengan lembut selama 30 detik. 
  3. Biarkan selama beberapa saat hingga essence menyerap. Aku sangat merekomendasikan untuk menggunakan Vital Vitamin Cream juga supaya hasilnya maksimal
TIPS : 
Untuk kulit lelah : 
Rendam sheet mask atau kapas dengan Vital Vitamin Essence. Setelah cukup basah, tempelkan di wajah selama 10 menit. Lebih efektif jika digunakan dingin. 

Untuk tekstur kulit kering dan kasar : 
Rendam kapas dengan Vital Vitamin Essence dan usap wajah dari bagian dalam ke luar secara perlahan. 

PRICE – NETTO 
IDR 425.000 – 100 ml 


3. VITAL VITAMIN CREAM

Setelah essence menyerap dengan baik, waktunya pakai moisturizer. Step yang paling aku suka karena step ini fungsinya untuk menjaga kelembaban kulit. Aku pakai Vital Vitamin Cream yang menurut aku cream ini juara! Awalnya aku kira teksturnya akan berat dan lengket di kulit, tapi ternyata nggak sama sekali. Teksturnya lembut dan sangat ringan sehingga mudah diserap oleh kulit tanpa meninggalkan rasa lengket. 

Vital Vitamin Cream memiliki manfaat untuk mencerahkan dan menjaga kelembaban kulit. Benar- benar pas untuk memanjakan kulit lelah dan kusam, ditambah lagi wanginya yang manis dan menenangkan. Buat yang kulitnya sensitif gak perlu takut untuk mencoba, karena produk ini aman. 

Packaging-nya terbuat dari plastik transparan yang sangat tebal dan kokoh. Saat kondisi baru, pada bagian tutupnya diberi segel jadi dapat dipastikan aman. Setelah menggunakan Vital Vitamin Essence baru aku pakai Vital Vitamin Cream pada pagi dan malam hari, caranya : 
  1. Ambil cream secukupnya (pastikan tangannya bersih ya). 
  2. Usapkan ke wajah dengan gerakan memutar secara lembut. Biasanya aku sambil memijat-mijat wajah aku beberapa detik terutama di bagian yang tampak gelap dan kering. 
  3. Tepuk-tepuk secara perlahan sampai produk benar-benar terserap. 

TIPS : 
Untuk kulit tampak lelah dan dehidrasi, campurkan beberapa tetes (1-2 tetes) face oil bersama Vital Vitamin Cream. Aplikasikan pada wajah sambil dipijat lembut selama 1-2 menit. 
PRICE – NETTO 
IDR 425.000 – 50 ml 

RESULT OF EXPERIENCES 
Secara keseluruhan, aku suka banget sama Mamonde First Energy Serum dan juga Vital Vitamin Line (Essence dan Cream). Ketiga produk ini membantu membuat kulitku fresh kembali setelah lelah beraktifitas dan terpapar polusi. Oleh karena itu, aku sangat menyarankan  untuk menggunakan ketiga produk ini secara bersamaan sesuai urutan pemakaian yang sudah aku bahas sebelumnya. Aroma dari Vital Vitamin Line dan First Energy Serum cukup kuat dan manis, tapi anehnya gak ganggu sama sekali. Malah aku seneng banget sama wanginya, menenangkan! 
So far aku merasa kulitku lebih lembab dan tampak lebih bercahaya. Kondisi kulitku jauh lebih sehat dan nggak kusam lagi. Senengnya selama aku memakai produk Mamonde, hasilnya cocok tanpa menimbulkan iritasi/ rasa perih sama sekali. Oiya untuk ketiga produk ini semuanya memiliki masa PAO yang sama, yaitu 12M (12 bulan setelah dibuka kemasannya). Mungkin karena itulah Mamonde hanya menyediakan satu ukuran saja untuk Vital Vitamin Essence, Vital Vitamin Cream, dan First Energy Serum. Harapanku semoga kedepannya Mamonde menyediakan ukuran travel size
CONCLUSION 
Pros : 
(+) Kulit jadi lembab dan lembut 
(+) Memberikan efek menyegarkan di kulit wajah 
(+) Wanginya enak banget, menenangkan 
(+) Mencerahkan kulit 
(+) Tidak menimbulkan rasa perih atau iritasi di kulit 
Cons : 
(-) Hanya tersedia satu ukuran saja 
WHERE TO BUY 
Sephora dan Shopee 
WORTH TO BUY 
Absolutely, yes! 
MORE INFO 
Website    : www.mamonde.com  
Instagram : @mamondeindonesia 
Facebook : Mamonde Indonesia 












  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. Aku tertarik sama essence nya deh yang ada serbuk-serbuknya didalemnya..aaaa produk bagus yaa kayanya ni...

    ReplyDelete
  2. OMG bep makasi banyak tipsnya kayaknya perlu banget buat kita yang aktifitas padat tapi harus tetep cling wkkw

    ReplyDelete
  3. Ah racun ini maah.. kan suka kabitaan sama skin care 😭

    ReplyDelete
  4. aku baru tau nih sebagus ini thx teh udah sharing berasa dikasih pencerahan 😆

    ReplyDelete
  5. Wadududuh akutuh selalu mudah teracuni oleh produk2 skincare bawaannya pgn beli aja kalo reviewnya bagus tuh hehe

    ReplyDelete
  6. wah, warnanya asyik. produk baru ya teh? hmmm..harganya lumayan ya teh hehehe

    ReplyDelete
  7. Duh kulit aku butuh serum sama vitamin kayak inii...

    ReplyDelete
  8. Woaah Mamonde, aku taunya rose water doang dong wkwk
    Ternyata rangkaian perawatannya banyak. Packagingnya mewah banget pantes harganya agak pricey. Aku tertarik sama essence-nya nih bisa dijadiin buat sheetmask juga ya. Worth it banget produknya.

    ReplyDelete