CARA AMPUH CEPAT PULIH PASCA MELAHIRKAN DENGAN MAMAWAY KORSET NANO BAMBOO

By Sintha Novia Putri - December 15, 2021

Katanya, kalau wanita jadi gemuk setelah menikah artinya dia malas merawat diri. Adakah yang setuju dengan statement ini? Jujur agak miris dengarnya kalau cantik itu ditentukan dari kurus atau gemuk, warna kulit, ataupun penampilan. Buatku everyone is beautiful in their own ways, karena ketidaksempurnaan akan tampak indah saat kita menerima dan mencintai diri sendiri apa adanya.

Perubahan fisik secara drastis yang pernah aku alami adalah setelah melahirkan. Yang paling jelas sih perut jadi kendor dan muncul stretchmark. Itu semua apakah karena malas merawat diri? Tentu tidak, selama hamil berat badanku naik sebanyak 17kg, setiap harinya harus menahan diri untuk tidak menggaruk area yang terasa gatal luar biasa. Entah berapa banyak bio oil yang kuhabiskan demi mencegah timbulnya stretchmark. Jadi sangat disayangkan ketika melihat ada orang yang dengan mudahnya mengomentari fisik orang lain tanpa memikirkan perasaan dan perjuangan apa yang telah dilaluinya. Komentar negatif gak akan pernah ada efek baiknya, better diem aja ya ❤️

Bicara soal berat badan, sebenarnya beberapa minggu setelah melahirkan BB-ku sudah kembali seperti sediakala. Tbh meskipun BB ku kembali ke awal, tapi perutku lumayan bergelambir gak sekencang sebelum hamil. But that's totally fine, selama sembilan bulan lamanya ada bayi mungil yang tumbuh dalam rahim yang ukurannya kecil banget jadi wajar saja kalau misal perut jadi bergelambir karena lapisan kulit, otot rahim, dan otot perut telah melalui proses peregangan yang cukup besar selama masa hamil. Dan tubuh pun perlu waktu untuk recovery, so take your time moms!

Anyway, aku mau sharing apa aja yang aku lakukan untuk mempercepat proses recovery setelah melahirkan baby Ed. Semoga cara ini bisa membantu teman-teman yang sedang melalui fase ini juga ya. 

1. Be happy!

We are all good moms, kita sudah berjuang antara hidup dan mati. Jadi sudah semestinya kita berbahagia karena berhasil melewati itu semua. Don't rush yourself, setiap orang mempunyai proses dan waktu penyembuhan yang berbeda better nikmatin fase menyusui karena saat menyusui lumayan banyak membakar kalori. Salah satu cara asik untuk diet alami haha.

2. Healthy life

Punya newborn itu butuh energi ekstra Bun. Jadi untuk tetap sehat dan mempercepat proses pemulihan kita perlu menjalani hidup sehat seperti istirahat yang cukup, olahraga ringan, dan makan banyak padat gizi agar kebutuhan nutrisi tercukupi. 

3. Pakai korset


Menggunakan korset pasca persalinan sebenarnya masih menjadi pro kontra pada sebagian orang. Tapi sewaktu aku tanya dengan dokterku, beliau lebih menyarankan pakai karena korset dapat membantu saat recovery asalkan pemakaiannya tepat dan tidak dipakai full seharian. Bonusnya perut bisa kembali langsing dan kencang. Beberapa manfaat pakai korset setelah melahirkan :
- membantu mengembalikan bentuk tubuh dan rahim ke bentuk semula
- melangsingkan dan mengencangkan perut
- memperbaiki postur tubuh 
- memberi dukungan pada rahim, otot perut dan punggung yang lemah dan sakit
Sebelumnya aku ga pernah kepikiran untuk pakai korset, karena pasti ga akan nyaman pikirku. Makanya waktu persiapan barang apa aja yang perlu dibawa, korset ga masuk dalam list. Ternyata mamaku tanpa ba-bi-bu masukin stagen plus gurita ke dalam hospital bag. Stagen itu semacam korset dari kain panjang (banget) yang dililit ke perut.
Pasca persalinan, mama langsung minta tolong suami untuk memasangkan stagen di perutku. Bukannya ngerasa sakit ternyata pakai korset pasca persalinan tuh malah bikin perut dan punggungku lebih nyaman. Apalagi pas menyusui sama menggendong kan lumayan tuh pegel. Nah korset tuh sangat membantu meredakan back pain yang menyerang, postur duduk atau berdiri pun jadi lebih tegak.
Minusnya stagen dan gurita itu agak ribet waktu pasang dan lepasnya, harus minta bantuan pak suami. Bahannya juga panas dan bikin gatal. Jadinya aku memutuskan untuk ganti dengan korset tipe velcro biar lebih praktis. Korset jenis ini sudah banyak beredar di pasaran, dari yang harganya murah sampai mahal banget ada. Sempat galau pilih yang mana, akhirnya ku putuskan pilih yang pasti-pasti aja yaitu Nano Bamboo dari Mamaway. Gpp sedikit menguras budget, yang penting kualitasnya sudah teruji secara klinis dan banyak direkomendasikan oleh dokter. I'll explain to you why I picked this product.

Mamaway Nano Bamboo Postnatal Recovery & Support Belly Band
Korset pasca melahirkan nano bamboo dari Mamaway ini dikemas menggunakan box mika yang dicover oleh kertas tebal warna merah, putih dan abu. Memiliki dua ukuran, yaitu S-M dan L-XL jadi bisa disesuaikan dengan lingkar pinggang kita. Bagusnya di website Mamaway ini ada layanan konsultasi gratis yang akan diarahkan menuju WhatsApp, disana kita bisa tanya-tanya sepuasnya kalau masih bingung pilih yang mana. 
Dari hasil konsultasi dengan Mamaway, aku disarankan untuk pakai korset pasca melahirkan Nano Bamboo size S-M. Anyway, Mamaway ini brand asal Taiwan yang menyediakan produk kehamilan dan menyusui. Jadi selain korset nano bamboo pasca melahirkan tapi Mamaway juga menyediakan korset hamil, gendongan, dan nursing bra. Beberapa fitur unggulan yang menjadi pertimbangan aku untuk pakai korset nano bamboo Mamaway :

1. Sudah teruji klinis sehingga direkomendasikan oleh ahli fisioterapi dan sudah bersertifikasi medis internasional oleh TGA Australian Medical Grade (ARTG No. 262712).
2. Mengurangi nyeri pasca sesar, dan membantu pemulihan rahim dan otot kembali ke semula.
3. Bahan yang digunakan bersifat antibakteri dan odor resistant yang mencegah pertumbuhan bakteri penyebab iritasi dan alergi. Terbuat dari 52% Nilon, 34% Poliester (Mengandung Arang Bambu), 13% Karet, 1% Spandex.
4. Mengandung fra-infrared untuk melancarkan sirkulasi darah, mempercepat keluarnya darah nifas, dan proses pemulihan.
5. Double-effect design, menekan dan menopang perut dan rahim.
6. 95% langsung langsing kurang dari tiga bulan
7. Aman digunakan setiap hari.
8. Fleksibel dan breathable sehingga menjaga sirkulasi udara pada kulit.
Setelah mencobanya secara langsung, I love this product! Terutama dari segi bahannya yang lembut, elastis, dan tanpa tulang, sehingga tetap terasa nyaman dipakai seharian sambil beraktivitas apapun. Sesuai klaimnya kalau korset ini breathable jadi gak panas, apalagi sampai bikin gatal atau iritasi pada kulit. Buat yang punya kulit sensitif, produk ini sangat recommended.

Jahitan dari korset nano bamboo ini rapih dan kokoh, dicuci beberapa kali pun bentuknya ga berubah. Velcronya melapisi seluruh bagian korset sehingga bisa direkatkan dimana saja menyesuaikan lingkar pinggang kita. Perekat dan kompresinya bukan main, juara! Meskipun aktif bergerak korsetnya melekat sempurna, sama sekali ga kendor ataupun geser. Selama dipakai pun gak bikin sesak.
Di bagian depannya dilengkapi handle yang sangat memudahkan ketika pakai sendiri, jadi gak perlu lagi deh repotin pak suami. Aku pakai korset nano bamboo ini setiap hari, dan biasanya dilepas saat menjelang tidur dan mandi. Oiya, jangan lupa untuk menarik korsetnya ke bawah sampai menutupi panggul sebelum duduk ya untuk menghindari iritasi ataupun rasa ga nyaman.

Pakainya juga mudah dan cepat, untuk caranya aku jelaskan melalui gambar aja ya supaya lebih mudah lihatnya. Yang harus diperhatikan saat memakainya, pastikan posisi korset nano bamboo Mamaway menekan area rahim bukan pinggang. Jangan sampai salah ya.
Untuk perawatannya korset nano bamboo Mamaway ini cukup dicuci pakai tangan dengan air dingin aja ya, jangan direndam ataupun pakai pemutih. Gak perlu pakai pengering juga, cukup diangin-anginkan saja secara alami dan hindari terkena sinar matahari langsung.


Dari segi efektivitas, yang paling berasa efeknya dari korset nano bamboo Mamaway ini bantu menopang perut sama pinggang aku. Apalagi punya baby itu sering banget ngalamin pegal dan sakit di area punggung, nah pakai Nano Bamboo korset Mamaway ini bisa mengurangi back pain. Dengan pemakaian yang tepat dan rutin dapat memberikan hasil, keliatan dari perutku jadi lebih kencang dan lingkar pinggangku juga berkurang. Bye perut bergelambir! 

More info :
Instagram : Mamawayid
Shopee : mamawayid

























  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. Wahh, aq juga suka pake inii, Mamaway DaBest bangedd dechhh. Kalo rutin pake langsung ngurangin sentian perut.

    ReplyDelete
  2. Tapi akupun setuju sih abis postpartum tuh pake korset ngebantu banget, selain soal bentuk tubuh, lebih balance aja gt rasanya ke badan kita yg baru aja kehilangan beban tambahan ya kan 🤣🤭

    ReplyDelete
  3. Bagus banget bun ini. Dulu kenapa aku endak kenal sama produk ini ya, huhuhu. Penggunaan produknya bisa disesuaikan juga ya. Sepertinya bisa kurekomendasikan ke saudara nanti misal sudah lahiran.

    ReplyDelete
  4. Mom badannya udah bagus banget... Balik ke jaman gadis ya mom... Kalau aku dulu males-malesan pakai korset, akhirnya sekarang mleber deh... 🤭

    ReplyDelete
  5. Bagus..Harus Rajin pakainya supaya perut tetap rata ya bun supaya ga maju kesamping perutnya hihi

    ReplyDelete
  6. Aku udh coba beragam korset dengan beragam merk juga tp belum coba nih yang nano bamboo korset , jadi penasaran mau pke

    ReplyDelete