TIPS MENGATUR WAKTU SEBAGAI SUPER BUNDA

By Sintha Novia Putri - January 05, 2022


Malam ini aku habiskan dengan menyetrika pakaian, sambil ditemani hujan lebat dan pemandangan yang begitu hangat melihat pak suami dan Ed sedang asik main bersama. Ternyata semenjak jadi ibu rumah tangga, hari-hariku bisa dibilang lebih sibuk lagi karena hampir semuanya aku kerjain sendiri. Apalagi waktu awal-awal sering banget keteteran saat harus mengerjakan kerjaan domestik, bekerja, dan mengajak Ed bermain.

Ed lagi senang banget main sepeda, hampir setiap waktu ngajakin bubunya untuk main sepeda. Belum lagi menghadapi energinya yang gak pernah habis. Paling pusing dan menantang kalau sambil dikejar deadline haha. Tapi disadari atau tidak, ternyata aku bisa mengerjakan itu semua. Aku bangga dan senang sekali bisa produktif dan tetap menjadi bunda siaga karena waktu bersama anak tetap full 24/7. Aku percaya dengan menghabiskan waktu bersamanya, akan berdampak baik terhadap psikologis anak.

Lelah sih, tapi kesempatan untuk bonding sama anak ga akan keulang dua kali. Kuncinya ada pada manajemen waktu, berikut yang aku lakukan agar tetap happy menjalaninya :

1. Bangun lebih pagi

Semenjak punya anak, aku membiasakan diri untuk bangun lebih pagi dari biasanya. Aku gunakan waktu ini untuk menyiapkan bekal suami, sarapan anak dan beres-beres rumah.

2. Tentukan prioritas

Malam harinya aku sudah merencanakan agenda untuk besok. Biasanya dari to-do list yang sudah dibuat, aku pilih mana yang paling prioritas dan harus dikerjakan lebih dulu. Untuk urusan domestik aku kerjakan saat anak sedang tidur dan dalam waktu yang bersamaan, misalnya nyuci baju (ini pakai mesin ya) sambil masak. Sambil menunggu masakan matang, biasanya diisi dengan cuci piring. Lumayan bisa menghemat waktu dan kerjaan lebih cepat selesai.

3. Sempatkan untuk istirahat

Pernah dengar gak katanya, "jadi ibu itu gak boleh sakit"? Haha ajaibnya semenjak jadi seorang ibu memang jadi lebih jarang sakit, Alhamdulillah...

Tapi sebenarnya bukan karena jarang sakit sih, lebih ke mengabaikan rasa sakit karena fokus pada anak dan keluarga. Ada kecemasan dalam hati kecil seorang ibu, kalau kita sakit nanti anak dan suami makan sama apa, bajunya gimana, dan masih banyak kecemasan lainnya. Padahal untuk menjadi bunda siaga, kita harus tetap sehat dan bahagia. Salah satunya dengan menyempatkan diri untuk me time dan istirahat meskipun sebentar saja. Jangan segan untuk minta bantuan suami atau nenek kakeknya, ketika kita merasa lelah ataupun kewalahan.

4. Upgrade diri

Seorang ibu adalah sekolah pertama bagi seorang anak. Makanya sesibuk apapun aku selalu menyempatkan waktu untuk meng-upgrade diri. Bersyukur sekali sekarang sudah serba mudah, kita bisa upgrade ilmu melalui internet. 

Ketika ingin meng-upgrade kemampuan memasak atau manajemen finansial, kita bisa mengikuti akun-akun di sosmed yang membahas tentang itu. Tapi untuk urusan upgrade ilmu kesehatan, aku seringnya cari info di website dan sosmednya Panduan Bunda. 

Panduan bunda merupakan sebuah platform yang menyediakan berbagai informasi seputar kesehatan dan tumbuh kembang anak. Aku sendiri merasa terbantu sekali terutama saat merasa bingung penanganan apa yang harus dilakukan ketika anak sakit. Ada banyak artikel bermanfaat seperti cara mengenali gejala dan penanganan berbagai penyakit menurut para dokter, inspirasi sehat, dan juga informasi seputar produk obat Konimex yang berkenaan dengan demam, batuk pilek, dan cacingan.

Beberapa produk Konimex diantaranya ada Termorex yang berfungsi untuk meredakan panas dan demam dalam bentuk sirup, sedangkan Inzana dalam bentuk tablet. Termorex Plus jika disertai flu batuk, Termorex Baby untuk bayi, dan Termorex Patch untuk mengompres dan meredakan sakit kepala. Saat batuk pilek, ada Anakonidin reguler, OBH, dan expectorant. Dan Konvermex sebagai obat cacing. Semuanya dapat dibeli tanpa memerlukan resep dokter dan tersedia di apotik maupun toko obat terdekat.

Untuk jaga-jaga aku selalu menyediakan produk Konimex ini dalam kotak P3K sebagai penanganan utama jika dirumah ada yang sakit. Apalagi sekarang cuacanya lagi kurang enak. Buat teman-teman yang ingin siap sedia juga bisa membelinya di e-shop Konimex.

Btw, dalam rangka memperingati hari ibu Panduan Bunda sedang mengadakan kompetisi Super Bunda sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan para bunda hebat.

Tunjukkan sisi Super Bunda kamu

Upload foto kegiatan sehari-harimu bersama si kecil dalam bentuk carousel yang menunjukkan kehebatan seorang ibu di akun Instagram (jangan di private ya). Sertakan caption menarik yang menceritakan kenapa kamu bisa disebut sebagai Super Bunda. Tambahkan hashtag #SuperBunda #BundakuHeroku #PanduanBunda dan mention ke tiga teman kamu. Jangan lupa untuk tag akun @PanduanBunda ya.

Jika sudah, kamu bisa share postingan foto ini (klik) di story lalu simpan di highlight. Akan ada hadiah menarik seperti oven, vacuum cleaner, dan juga knife set bagi pemenang. Untuk info lebih lanjut, teman-teman bisa temukan di website dan seluruh sosial media Panduan Bunda ya, Good luck moms! 

More info

Website : www.panduanbunda.com

Instagram : panduanbunda

Facebook : Panduan Bunda

Twitter : panduanbunda


Where to buy

Offline store : Kimia Farma, Century, K24, Viva Apotek, Apotek dan Toko Obat Terdekat

Online store : Konvermex e-store, Official store Konimex di Shopee dan Tokopedia


 

  • Share:

You Might Also Like

18 comments

  1. Salam kenal bund, samaan bund, akupun selalu sedia produknya Konimex di rumah buat jaga2 kalau anak sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga. Wah sama ya, semoga mbak dan keluarga sehat selalu ya

      Delete
  2. Terimakasih tips-nya bund, agak kesulitan juga sih aku atur waktu dengan 3 anak..hehe...harus pakai Panduan Bunda juga nih kayaknya biar lebih tertata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbak, semoga mbak dan keluarga sehat selalu ya

      Delete
  3. Wah terima kasih kak tipsnya, jadi lebih bisa mengatur waktu dengan baik lagi nih. Btw aku juga suka konsumsi vitamin dari konimex

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sama nih, aku pun dari kecil kalo sakit minumnya dari konimex hihi

      Delete
  4. salam kenal bunda. semenjak menjadi ibu semua berubah hiks

    dan aku bangun lebih pagi pastinya tapi tetap sama jam 3 pagi karena kebiasaan saat berdagang dulu.

    dan aku juga selalu mengagendakan jadwalnu sehingga setiap pukul 6 pagi semua sudah beres dilanjut dengan menjaga anak ..

    tapi sepertinya untuk istirhata tidak ada waktu ntah knapa


    hiks terimakasih untuk tulisannya yg menginspirasi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk sempatkan waktu untuk istirahat dan me time Bun, demi menjaga kewarasan. Happy mom happy family

      Delete
  5. Aku sering banget ngerasa ngga punya waktu buat kerjakan ini itu, tapi ternyata masih punya banyak waktu buat drakoran ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ
    Moga tahun 2022 ini bisa lebih bijak untuk manage waktu. Makasih buat tipsnya ya bun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Candu emang ya drakoran tuh, bikin lupa waktu haha. Yuk 2022 lebih baik

      Delete
  6. Huhuhuu, management waktuku berantakan bgd, mgkn krn kbnyakan rebahan #ehh.. Aq baru tau web panduanbunda, kepoinn akhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha gpp Bun rebahan sambil nungguin cucian di mesin cuci

      Delete
  7. Menang bener-bener superbundaaa. Tetap selalu jaga kewarasan yaa bund, semoga senantiasa selalu diberikan kesehatan. Tetap semangat๐Ÿ’ช

    ReplyDelete
  8. Poin pertama langsung sulit untuk dilakukan. Kebanyakan melek malam jadinya pagi susah bangun. Kadang selesai salat subuh bukannya lanjut beberes atau masak, tapi malah tidur lagi bareng dedek, huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun masih banyak begadang ko mbak, semangat buat kita lebih baik lagi ya

      Delete
  9. Tipsnya bagus nih. Aku baru anak 2 aja udh kebingungan ngatur waktu ini itu hehe

    ReplyDelete
  10. Untungnya skrg ada panduan bunda ya bund, jadi apa apa tinggal cari tahu di panduan bunda

    ReplyDelete