JJS (JALAN-JALAN SERU) KE PABRIK AJINOMOTO DI KARAWANG

By Sintha Novia Putri - November 18, 2018

Hi guys! Gimana setelah baca postingan aku tentang MSG sebagai kelezatan sejati rasa umami? Udah gak cemas lagi kan sekarang makan makanan yang mengandung MSG? Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 7 November 2018 aku dapat kesempatan untuk hadir ke acara Blogger Goes to Ajinomoto Factory yang terletak di Jalan Harapan Raya Lot JJ-1 Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang Barat bersama teman-teman blogger lainnya. Ini waktu yang sangat aku tungu-tunggu sedari dulu.


Pagi harinya sekitar pukul 06.30 WIB sebelum berangkat menuju Karawang kita berkumpul di Hay Hotel. Rasanya udah nggak sabar sekali ingin segera tiba di pabrik Ajinomoto. Akhirnya setelah 2 jam perjalanan kita tiba juga disana. Saat memasuki kawasan pabrik yang legendaris ini, aroma gurih sangat tercium dengan jelas menggugah selera rasanya ingin selalu makan hihi. Cuaca saat itu berawan tapi suasana hati kita cerah seketika saat tim PT Ajinomoto Indonesia menyambut dengan hangat. Diantaranya ada Bp. Nico Andreas selaku Section Manager Finance & GA, Bp. Galih Prasandy selaku Manager General Administration Department.


Selanjutnya Bp. Nico Andreas selaku Section Manager Finance & GA menjelaskan tentang Ajinomoto dan pabrik Karawang. Fyi, PT Ajinomoto Indonesia ini memiliki dua pabrik yaitu Karawang (Jawa Barat) dan Mojokerto (Jawa Timur). Setiap kunjungan pabrik Karawang mampu menampung sebanyak 50 orang, saat itu kita berjumlah sekitar 30 orang jadi masih bisa melakukan kunjungan dalam sekali waktu. Anyway, produk yang beredar di pasaran adalah MSG Ajinomoto, Masako, Saori, Sajiku, Mayumi, Delito Aglio Olio. Sedangkan yang diproduksi di Karawang hanya sebagian saja yaitu :
  • Masako, yang dimulai sejak tahun 2012 mampu memproduksi 49.000 ton/tahun
  • Saori, yang dimulai sejak tahun 2014 mampu memproduksi 3.600.000 ton/tahun
  • Sajiku, yang dimulai sejak tahun 2018 mampu memproduksi 24.000 ton/tahun

Sebelum mulai mengunjungi tempat produksi, Bp Fazry Manager Hse Section menjelaskan perkenalan safety saat berada di pabrik Ajinomoto. Berikut general safety yang ada di pabrik Ajinomoto :
  • Wajib didampingi selama berkunjung
  • Dilarang merokok tanpa ijin
  • Merokok hanya boleh di area khusus
  • Tidak boleh makan/minum di area kerja
  • Tetap berjalan di area yang sudah ditentukan di area pabrik

Selain general safety-nya yang sudah baik, pabrik Ajinomoto juga dilengkapi dengan emergency equipment yang lengkap diantaranya tabung alat pemadam api ringan (APAR), fire hydrantfire alarmsprinkle system, dan clinic supporting. Oiya kita juga sempat diajak untuk melakukan yel-yel nya mereka loh yaitu :
SAFETY…. YES! ACCIDENT…. NO!
Setelah mendapat pengetahuan yang cukup, waktunya berkunjung ke tempat proses produksi yippie! Setiap tempat yang ada di pabrik Ajinomoto ini didesain sesuai dengan produknya loh seperti saori bernuansa oriental dengan konsep restaurant Jepang sedangkan sajiku dan masako terdapat display macam bumbu dan terdapat dapur yang ciamik. Sayang sekali gak sempat untuk ambil fotonya, dan memang untuk beberapa area dalam pabrik kita dilarang untuk mengambil foto. Selama berkeliling kami didampingi oleh Bp. Nico dan Bp. Ozy. 



Seluruh produk Ajinomoto menggunakan bahan pilihan dan telah lulus uji kualitas, selain itu diolah menggunakan teknologi tinggi serta higienis. Sehingga produk yang dihasilkan berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi dan telah tersertifikasi oleh beberapa lembaga sertifikasi diantaranya :
  • Sertifikat Sistem Jaminan Halal (SJH) dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)
  • ISO 9001 untuk jaminan mutu dari badan sertifikasi SGS dengan akreditasi UKAS (United Kingdom Accreditation Service)
  • ISO 14001 untuk manajemen lingkungan dari badan sertifikasi SGS dengan akreditasi UKAS (United Kingdom Accreditation Service)
  • ISO 22000 untuk keamanan pangan dari badan sertifikasi SGS dengan akreditasi UKAS (United Kingdom Accreditation Service)
  • OHSAS 18001 untuk manajemen K3 dari badan sertifikasi SGS dengan akreditasi UKAS (United Kingdom Accreditation Service)

Setelah mengelilingi tempat proses produksi di pabrik Ajinomoto Karawang yang luasnya sekitar 17 hectare ini, kita diajak makan bersama di kantinnya. Kebetulan saat itu sedang jam istirahat, jadi kita bisa menikmati makan siang bersama staf Ajinomoto. Menu yang diberikan saat itu adalah sup daging, perkedel jagung, kerupuk, dan buah pisang. Untuk nasi dan air minum kita bisa mengambilnya sendiri. Di area kantinnya ini sangat rapi dan bersih, sempat heran karena gak lihat sama sekali petugas khusus yang mengambil piring kotor. Ternyata PT Ajinomoto membiasakan seluruh stafnya untuk membersihkan sendiri tanpa pandang bulu, keren banget yah.
Sedih sekali saat waktu menunjukkan kami harus pulang, padahal masih ingin berlama-lama disana. Banyak spot yang instagramable plus menu makanannya yang enak banget hihi. Terima kasih untuk PT Ajinomoto Indonesia dan Dream.co.id yang telah memberikan kesempatan untuk lebih mengenal MSG dan berkunjung ke pabriknya.

  • Share:

You Might Also Like

13 comments

  1. Kebersihan dan ketertibannya banget-banget. Seneng lihatnya.

    ReplyDelete
  2. Kayanya seru yaaa eventnya, nyesel deh ga ikut huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget teh hihi, gpp teh semoga next kita bisa se-event bareng lagi yah

      Delete
  3. Seru banget ini kayaknya Ajinomoto emang keren ya dan produknya fav ibu ibu seindonesia hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, ga cuma produknya aja yang jadi fav ibu-ibu tapi pabriknya juga hihi

      Delete
  4. JJS nya jauh banget sist. Hehehehe

    Pulang2 jago masak nih yeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar anaknya menjelajah banget gitu teh hahah, jago dong pake bumbu sajiku mah pasti enak haha

      Delete
  5. wih asik yaaaa..
    ke ajinomoto hihi, pengen kesana deh

    ReplyDelete
  6. Teh puutt, rumah mamahku di krw lho, tepatnya d Rengasdengkloknya. Sayang banget waktu itu gabisa ikutan, padahal pengen banget visiting kayak gini, semoga ada kesempatan lagi. Btw, saori adalah andalanku kalo mau menumis hihi

    ReplyDelete
  7. wah seru banget, dalam setiap masakanku juga pakai ini karena akan lebih gurih dan nikmat :D

    ReplyDelete
  8. wahhh pabrik ajonomoto, pengen kesana mau melihat pembuatan rasanya

    ReplyDelete