My (current) favorite hair care product : Natur & review

By Sintha Novia Putri - August 02, 2018

Beberapa minggu yang lalu aku dapat kesempatan untuk hadir ke acara Natur X KSB melalui Komunitas Sahabat BloggerWaktu dapat undangan ini, aku super excited! Soalnya akhir-akhir ini aku hampir menyerah nyari produk yang bisa mengatasi rambut rontokku yang lagi parah-parahnya. Begitu tau acara ini disponsori oleh brand untuk hair care, langsung deh kosongin jadwal di hari itu demi datang ke acaranya Natur X KSB.
Seneng banget, disana aku bisa ketemu sama para blogger hebat. Terharu rasanya, bisa ngobrol dan duduk bareng sama mereka. Banyak banget ilmu yang aku dapatkan disini. Sebelum datang ke acara ini, aku menganggap merawat rambut itu cukup pakai shampo dan conditioner aja. Tapi ternyata, itu aja gak cukup gengs! Selain itu salah cara dalam pemilihan produk dan perawatannya akan berdampak pada kerusakan rambut. Nah asiknya sepanjang acara kami diberi edukasi oleh team Natur yang diwakili Kak Sarah, mengenai bagaimana cara merawat rambut yang tepat. Excited banget saat kita dikasih beberapa produknya untuk dicoba dirumah. Gak kerasa waktu berlalu dengan cepat dan sudah saatnya aku bakalan kasih reviewnya untuk kalian, please baca sampai habis yah hehe. 
Anyway, tak kenal maka tak sayang. Jadi Natur merupakan produk-produk rangkaian perawatan rambut yang memadukan antara konsep alami dengan inovasi modern. Brand ini sudah aku kenal sejak aku masih kecil, karena papahku selalu menggunakan produk ini. Diproduksi oleh PT Gondongwangi Tradisional Kosmetika, sama kaya Azalea dan HG. Kalau yang kita tahu sejak dulu Natur bau jamu, kini udah nggak lagi guys! Karena sejak tahun 2015, Natur melakukan product relaunching dengan inovasi kemasan dan wangi baru untuk varian produk Shampoo dan Conditioner. Dan di tahun 2016, kemasan dan wangi baru untuk varian produk Hair Tonic.

Natural Extract Shampoo - Ginseng Extract
Khusus untuk produk rambut, buat aku wangi adalah hal yang paling nomor satu. Ketika menggunakan hijab, produksi keringat di kulit kepala pasti semakin banyak jadi kalau produk rambutnya nggak wangi pasti semakin malas cium bau rambut. Super kaget pas cium wanginya Natur, nggak salah mereka melakukan relaunch karena asli jadi enak banget wanginya. Dari segi kemasan kayaknya menurutku nggak terlalu banyak perubahan. Yang aku suka dari packaging Natur adalah bentuknya yang pipih, jadi enak untuk digenggam. Kadang suka ada beberapa shampoo lain yang kemasannya terlalu gendut sampai sulit pegangnya. Pada bagian belakang botol dan juga box-nya terdapat informasi mengenai ingredients, cara pakai, dan warning untuk menghindari air masuk kedalam botol. Kalian bisa klik foto di atas buat tau ingredients dan cara pakainya ya.
Ekstrak Ginseng berfungsi untuk membantu merawat kekuatan akan rambut sehingga menjadikan rambut bersih, tetap sehat dan kuat. Natur varian Ekstrak Ginseng mengklaim mampu memperbaiki tekstur helaian rambut dan akar melalui kandungan bioaktif seperti, saponins, phytosterols, peptides, polysaccharides, asam lemak, polyacetylenes, vitamin, dan mineral. Bioaktif ini bekerja secara berkesinambungan memberikan manfaat deep conditioning pada rambut dan menstimulasi peredaran darah di kulit kepala agar rambut tetap sehat dan kuat. Yang aku rasain saat pemakaian pertama shampoo ini adalah gila busanya sedikit banget ragu udah bersih belum yah? Apa kurang banyak? Tapi pas setelah dibilas, justru jadi ngerasa kulit kepala lebih bersih dari biasanya. Gak licin gitu kerasanya. Baru keinget kalau shampoo ini tidak mengandung detergen minyak bumi, jadi nggak banyak busanya. Jadi untuk para bumil yang biasanya lebih waswas sama bahan kimia, aku rekomendasiin hair care nya pake Natur terbukti dari bahan alami. Shampoo ini tersedia untuk ukuran mulai dari yang paling kecil 80ml sampai ke yang paling besar 700ml.

Natur Conditioner - Ginseng & Olive Oil
Setelah menggunakan shampoo, kemudian dilanjut dengan conditionernya. Kali ini aku coba yang varian Ginseng & Olive Oil. Conditioner berfungsi memelihara dan menjaga kelembaban rambut yang hilang setelah keramas. Jadi jangan sampai skip yah :)
Ginseng extract dan olive oil membantu melembutkan dan merawat kekuatan helai rambut. Menjadikan rambut terasa halus, lembut, lembab serta mudah diatur. Cocok untuk rambut aku yang lagi kusut dan rontok. Untuk wanginya, honestly aku lebih suka wangi shampoo-nya ketimbang conditioner-nya, mungkin karena ada campuran olive oil nya kali yah. Teksturnya creamy kental jadi nggak gampang tumpah.
Eh iya fyi seluruh produk Natur SILICON FREE. Pernah ngerasa nggak kalau sehabis keramas rambut kadang suka ada yang instan jadi halus banget? Nah bisa jadi itu karena produknya mengandung silicon, be aware guys! Karena justru itu berbahaya untuk rambut, salah satunya bikin gatal dan rontok. Berbeda dengan Natur, karena terbuat dari bahan alami yaitu ekstrak tumbuh-tumbuhan jadi aman tapi butuh waktu alias bertahap. Makanya gak heran kalau penggunaan awal, aku belum merasakan perubahan yang signifikan. Kalau mau aman dan sehat, musti sabar ya. Sedikit tips dari aku, untuk yang punya rambut kusut saat menggunakan conditioner adalah kesempatan kalian untuk menyisir. Gunakan sisir bergerigi lebar atau bisa juga dengan jari untuk merapikan rambut. Tapi jangan lupa hindari terkena kulit kepala yah. Conditioner ini hanya tersedia ukuran 200 ml.
Pros :
(+) terbuat dari bahan alami
(+) bikin rambut lembab, lembut dan halus, baru kerasanya pas udah beberapa kali pemakaian
(+) gak meninggalkan residu
(+) isinya banyak dengan harga terjangkau dan mudah dicari
Cons :
(-) wanginya agak sedikit aneh, mungkin karena aku gak terlalu suka wangi olive oil kali yah

Natur Natural Extract Hair Tonic - Ginseng Extract
Nah setelah selesai keramas dan menggunakan conditioner, langkah selanjutnya menggunakan hair tonic. Natur mengeluarkan dua varian untuk hair tonicnya, ada ginseng extract dan aloevera. Baiknya Natur ngasih kita keduanya untuk dicoba hihi. 
Hair tonic ini mengandung extract ginseng yang mampu menutrisi dan menguatkan akar rambut serta mengurangi kerontokan. Selain itu telah teruji klinis untuk pemakaian rutin selama 14 hari dapat mengurangi kerontokan hingga 90%. Kalau shampoo dan conditioner bentuk tutupnya di-flip beda lagi dengan kemasan hair tonic, tutupnya diputer gitu. Enaknya dibagian lubangnya sengaja di desain meruncing, jadi gampang saat meneteskan ke kulit kepala. Teksturnya cair seperti air, dan berwarna keruh seperti hair tonic pada umumnya. Yang aku suka dari hair tonic Natur adalah nggak bikin rambut lepek dan nggak lengket sama sekali. Dulu pertama aku males pake hair tonic karena bikin kayak lengket gitu dikulit kepala. Tapi semenjak coba punya Natur, jadi semangat lagi menggunakan hair tonic. Wanginya juga aku suka, enak banget pas cium setelah dibuka tutup botolnya seger tapi lembut. Untuk hair tonicnya hanya tersedia satu ukuran saja, 125 ml.

Natur Natural Extract Hair Tonic - Aloe Vera Extract
Nah kalau hair tonic extract ginseng untuk merawat kekuatan akar rambut, beda lagi dengan aloe vera extract yang lebih ditujukan untuk menjaga kekuatan akar rambut dan mempercepat laju pertumbuhan rambut (menyuburkan rambut). Mungkin hair tonic ini lebih cocok aku gunakan kalau rambut aku rontoknya sudah berkurang. Teksturnya sama kaya extract ginseng, cair seperti air dan berwarna keruh. Dan menurut aku wanginya juga mirip, cuma yang aloe vera sedikit lebih strong wanginya. Sama-sama nggak bikin rambut lepek dan nggak lengket di kulit kepala hihi.
Anyway, aku mau kasih tau cara pemakaian Natur hair tonic yang baik dan benar :
  1. Karena dari kandungan Extract sebaiknya Natur hair tonic ini sebelum digunakan dikocok terlebih dahulu.
  2. Tuangkan ke kulit kepala mengikuti garis kulit kepala. Pijat ringan 2 sampai 3 menit untuk melancarkan  peredaran darah dikulit kepala.

Setelah mencoba kedua varian hair tonic Natur (ginseng extract dan aloevera extract), berikut pros & cons menurut aku :
Pros :
(+)  tidak mengandung alkohol, jadi terasa adem nggak bikin panas kulit kepala, tidak membuat iritasi dan kemerahan.
(+) efektif mengatasi rambut rontok.
(+) menyuburkan rambut jika digunakan secara rutin.
(+) kualitas terpercaya karena Natur hair tonic sudah mendapatkan TOP Brand Award selama 12 tahun berturut-turut (2007-2018) *salut*.
(+) harga terjangkau dan mudah dicari
(+) bagian ujungnya yang runcing jadi lebih simpel dan gampang pas dipake, nggak bikin cairan meleber kemana-mana.

Cons :
(-) kemasan shampoo dengan hair tonic mirip, jadi harus teliti biar nggak ketuker, karena jujur pas awal coba aku malah ketuker pake πŸ˜‚

OVERALL :
Supeeeerrrrr lafff sama produk-produknya Natur, terutama hair tonicnya. Hal yang paling aku suka dari Natur adalah menggunakan bahan-bahan alami plus wanginya yang jadi super enakkk.
See you on my next post! πŸ’•

  • Share:

You Might Also Like

30 comments

  1. Rangkaian perawatan andalan untuk rambut rontok nih yah, kebetulan rambut saya lagi rontok parah ini, cobain aaah.

    salam,

    Tianlustiana.com

    ReplyDelete
  2. ginseng memperkuat rambut ya, nice share

    ReplyDelete
  3. Haloooo Teh Sintaaa... Aku juga pake Natur. tos kita samaaaan!

    ReplyDelete
  4. aahahahahah iya bener kemasan tonik dan shampo mirip2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati2 jangan sampai tertukar ya teh pas pertama beli 😁

      Delete
  5. Dulu ak ga suka natur karna wanginya. Tapi setelah pake n tau khasiatnya buat rambut, malah jadi andalan :-)

    ReplyDelete
  6. Awalnya ak ga suka tapi pas udah nyoba malaj ketagihan tinggal dikit lg hehehe

    ReplyDelete
  7. Aku pun suka banget sama wanginya Juaraaaa!

    ReplyDelete
  8. Wkwkwkw iyayah, mirip kemasannya, kalo aq shampo taro di kamar mandi, hair tonic ny taro di meja rias dech, πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  9. Pas banget lagi mau nyoba Natur Aloe Vera barusan beli di minimarket, karena merasa rambut aku lagi banyak banget yang rontok huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Goodluck teh, kudu rada sabar tapi hasilnya mantaaap

      Delete
  10. Halo Teh, herlina juga kebetulan baru pake hair care natur ini. Ternyata udah nggak bau jamu yaa. Wangi banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo herlina, iya betul wanginya juga lembut enak yaah hihi

      Delete
  11. Dari semua shampoo khusus rambut rontok rangkaian natur paling berhasil dirambut aku

    ReplyDelete
  12. surprise banget ternyata sekarang produk Natur jauh lebih wangi.. alkohol free nya beneran bikin kulit kepala nggak kerasa panas deh!

    ReplyDelete
  13. Waaaah aku juga pake natur nih ngebantu banget karena berhijab pasti rontok nah natir ngebantu banget

    ReplyDelete
  14. Aku juga pake Natur, emang ampuh banget ini buat masalah kerontokan..

    ReplyDelete
  15. Aku juga sekarang pakai Natur lagi, udah tobat deh pakai shampoo yang banyak detergennya, hihihi

    ReplyDelete
  16. Wah.. sekarang wnaginya udah enak yaa.. dulu masih bau jamu.. jadi penasaran..

    ReplyDelete
  17. hair tonic nya ini beneran bagus banget setuju deh kak :D

    ReplyDelete