CARA GAMPANG BIKIN CIRENG NASI ALA TEPUNG KOBE

By Sintha Novia Putri - March 15, 2022

Gak kerasa ya bentar lagi memasuki bulan Ramadhan. Hayo udah pada lunas belum utang puasanya? Kalo aku sengaja puasanya di hari Senin Kamis biar ditemani suami. Sedikit cerita karena lagi sibuk pindahan, jadi pas Senin kemarin aku cari menu buka yang simple dan mudah dengan bahan seadanya. Karena suami doyan banget sama cireng, jadinya nyobain menu cireng nasi kebetulan semua bahannya ada dirumah. Happy banget dong, percobaan pertama langsung sukses dan enak! Sini aku share resepnya dibawah ya, siapa tau bisa jadi ide menu takjil buat teman-teman dibulan Ramadhan nanti.

Btw, aku selalu sedia tepung Kobe dirumah. Bisa dibilang Kobe adalah jalan pintasku untuk bisa masak enak haha. Awalnya aku kira produk ini asal Jepang, ternyata produk lokal lho. Fyi, Kobe singkatan dari Kata Orang Banyak Enak. Kobe memulai perjalanannya tahun 1979 sebagai industri rumahan di Semarang. Memiliki tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu karena produk pertama mereka adalah tepung bumbu dan merupakan tepung bumbu pertama juga di Indonesia. Sekarang varian produknya makin lengkap, ada Kobe tepung Tempe Kriuk, tepung Serbaguna, tepung Kentucky Super Crispy, tepung Bakwan & Perkedel, tepung Pisang Goreng, dan tepung Bumbu Putih.  


Kobe tepung Serbaguna dan tepung Bumbu Putih adalah varian yang paling sering aku stok dirumah. Makanya waktu liat resep cireng nasi ini bisa langsung bikin gak perlu belanja bahan lagi. Selain itu juga resep ini bisa jadi solusi disaat nasi sisa sedang banyak.

Resep Cireng Nasi ala Kobe


Bahan Cireng Nasi :

- 200gr nasi putih

- 100ml air 

- 1 bungkus (75gr) Kobe tepung Bumbu Putih

- 10gr daun bawang

- minyak goreng secukupnya


Bahan Bumbu Rujak

- 1 sdm kacang tanah (digoreng)

- 100gr gula merah

- terasi secukupnya

- 50ml air hangat

- 1 sachet Bon Cabe level 10, rasa original

- 1 sdm air asam


Cara membuat Cireng Nasi :

1. Aduk 200gr nasi putih dengan 100ml air. Campurkan 1 bungkus (75gr) Kobe tepung Bumbu Putih dan 10gr daun bawang. Aduk hingga tercampur rata.

2. Panaskan minyak dalam wajan, setelah panas ambil ½ sdm adonan goreng hingga kuning keemasan.

3. Cireng nasi ala Kobe siap disajikan.


Cara membuat bumbu rujak :

1. Haluskan kacang tanah, gula merah, terasi, dan air hangat.

2. Tuangkan bon cabe level 10. Campurkan dengan air asam dan aduk hingga rata.

3. Bumbu rujak siap disajikan sebagai cocolan cireng nasi Kobe.


Karena enak besoknya aku coba bikin lagi dengan kreasi baru yaitu menambahkan toping sosis dan keju. Suami dan anak pun ketagihan makan banyak. Tepung Kobe ini teksturnya berbentuk kristal dengan butiran tepung renyah sehingga membuat hasil makanan menjadi lebih krispi dan tebal. Aku suka karena hasilnya tahan lama, meskipun makanan disimpan beberapa jam saat dimakan kembali makanannya tetap renyah dan garing. 

Untuk menu MPASI anakku juga seperti ayam, tempe, udang dan lainnya sering diolah menggunakan tepung Kobe, karena tepung Kobe ini gluten-free, tanpa pengawet, dan tanpa pewarna buatan. Selain bisa membuat makanan renyah, tepung ini juga bisa membuat makanan lebih kenyal dan juicy jika dijadikan sebagai campuran bahan. Salah satunya bisa bikin makanan yang lagi viral yaitu aci telur. Biasanya aku cari inspirasi resep di website Kobe. Disana ada berbagai kreasi resep masakan menggunakan tepung kobe. Selamat mencoba ya!


  • Share:

You Might Also Like

0 comments