TIPS BEBAS ANYANG-ANYANGAN BAGI BUMIL DAN BUSUI

By Sintha Novia Putri - October 12, 2019

Gak berasa akhirnya usia kehamilanku sudah memasuki 21 minggu atau 5 bulan, yeay! Ini adalah pertama kalinya aku mengumumkan kalau aku hamil hehe. Lumayan banyak perubahan yang aku alami selama 5 bulan kehamilan ini. Mulai dari mood swing, nafsu makan meningkat, hingga perut yang kian membesar (hihi baru kali ini ngerasa seneng lihat perut sendiri membuncit).
Sama seperti kehamilan sebelumnya, pada trimester pertama aku nggak merasakan yang namanya mual sama sekali. Hanya saja aku jadi lebih sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil (BAK) terutama tengah malam dan cukup mengganggu waktu tidurku huhu. Dokter kandungan aku pun menjelaskan hal ini normal dan wajar terjadi karena seiring dengan membesarnya rahim maka kantung kemih pun menjadi tertekan ke arah bawah dan menyebabkan selalu ingin BAK atau sering disebut anyang-anyangan.

Apa itu anyang-anyangan?
Anyang-anyangan adalah keinginan untuk buang air kecil (BAK) yang muncul secara terus menerus. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, baik wanita maupun pria. Biasanya sering terjadi pada ibu hamil (bumil) yang mulai dirasakan pada trimester pertama dan trimester akhir saat posisi janin mulai turun ke panggul. Desakan Rahim dapat menyumbat saluran kencing akibatnya urin kadang tidak dapat dikeluarkan atau hanya sedikit-sedikit meskipun keinginan untuk pipisnya cukup kuat. Penyebab lain dari anyang-anyangan antara lain :

  • Menahan buang air kecil
  • Pakaian dalam yang kotor
  • Membasuh dengan cara yang salah setelah BAB
  • Toilet yang kotor

Berbahayakah anyang-anyangan?
Memang untuk para bumil anyang-anyangan merupakan hal yang wajar bahkan akibat adanya perubahan hormon bisa saja berlangsung sepanjang masa kehamilan. Namun hal ini nggak bisa dianggap remeh dan tetap perlu berhati-hati, karena perubahan hormon menyebabkan bumil lebih rentan terkena infeksi saluran kemih (ISK). 
Jika anyang-anyangan terjadi karena dehidrasi, maka dengan minum air yang cukup anyang-anyangan akan hilang. Namun apabila saat ingin buang air kecil (BAK) terus menerus tetapi terasa tidak tuntas dan disertai rasa nyeri pada area sensitif maka hal ini merupakan anyang-anyangan yang tidak wajar dan tanda awal dari Infeksi Saluran Kemih (ISK).
Source : Google
Saat aku coba browsing-browsing, anyang-anyangan yang nggak normal bisa membawa dampak buruk bagi ibu maupun janin. Katanya sih bisa membuat berat badan janin rendah, risko ketuban pecah dini, risiko kelahiran prematur bahkan keguguran. Nyesel banget baru cari tau tentang informasi ini sekarang-sekarang, padahal nggak hanya bumil aja lho yang rentan mengalaminya. Tapi setiap wanita beresiko lebih tinggi mengalami ISK dibandingkan pria. Hal ini disebabkan karena saluran kemih wanita lebih pendek daripada saluran kemih pria. Hampir 80% ISK disebabkan karena adanya bakteri E.coli yang menempel pada dinding saluran kemih.
Selain rasa tidak nyaman saat BAK, ada gejala-gejala lain yang merupakan tanda ISK diantaranya :

  • Merasa sering ingin BAK dan kesulitan dalam mengontrol kandung kemih
  • Sensasi nyeri atau perih saat BAK
  • Urin berwarna keruh atau cenderung lebih pekat dan memiliki bau yang menyengat
  • Demam
  • Nyeri di panggul dan perut bagian bawah
  • Terdapat darah pada urin
Semoga dengan mengetahui gejala-gejala diatas, teman-teman semua terutama sesama bumil bisa membedakan mana yang termasuk anyang-anyangan karena perubahan fisiologis kehamilan dan mana yang termasuk anyang-anyangan karena ISK. Sehingga kita bisa melakukan langkah pencegahan ataupun pengobatan sebelum terlambat.

Bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan pada bumil?
Jujur sewaktu tau dampak buruk yang diakibatkan ISK, agak trauma sebenarnya terutama dengar kata keguguran karena aku pernah mengalaminya huhu. Selain rutin melakukan cek kehamilan dan konsultasi dengan dokter kandungan, aku juga melakukan tindakan pencegahan sebelum terjadinya anyang-anyangan tidak wajar karena ISK. Berikut cara mudah yang bisa bumil lakukan untuk mengatasi anyang-anyangan :

1. Tidak menahan BAK
Source : Pinterest
Hayo siapa yang suka nahan pipis? Aku sendiri dulu sering banget kaya gitu karena males bolak-balik kamar mandi. Apalagi kalau lagi di tempat umum, toiletnya kan kadang suka kotor ya huhu. Tapi justru menahan pipis itu pemicu utama terjadinya ISK. Jadi sekarang sebisa mungkin aku udah nggak pernah lagi nahan pipis. Kalau pas lagi pergi keluar, aku selalu membawa tissue dan juga toilet seat sanitizer (kalau nggak punya bisa pakai tissue basah).

2. Banyak minum air putih
Source : Pinterest
Yuk jangan malas minum air putih! Selain terjangkau bahkan gratis, tapi juga sangat baik untuk kesehatan. Bumil dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 2-3 liter per hari. Supaya perut nggak kembung, caranya konsumsi sedikit-sedikit tapi sering. Aku selalu bekal air putih dalam tumbler saat berpergian, supaya nggak mengalami dehidrasi.

3. Jaga kebersihan organ reproduksi
Source : Shutterstock
Organ reproduksi wanita berisiko lebih tinggi tumbuhnya bakteri. Oleh karena itu pastikan untuk mengeringkan miss V sebelum menggunakan celana dalam ya. Jangan lupa untuk rutin mengganti celana dalam dan hindari pemakaian pantyliner.

4. Lakukan pola hidup sehat
Source : Google
Rutin melakukan olahraga ringan dan mengkonsumsi sayur dan buah sangat berperan penting untuk kesehatan ibu dan janin. Sebaiknya bumil rajin mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air, karena dengan asupan cairan yang cukup dapat membantu membersihkan bakteri yang menjadi penyebab ISK.

Salah satu buah yang dikenal baik untuk pengobatan dan mengatasi ISK adalah buah Cranberry. Selain kaya akan nutrisi dan rendah kalori, buah ini juga mengandung fitonutrien unik yang dikenal sebagai proanthocyanidins tipe-A yang dapat mencegah bakteri E.coli menempel pada dinding saluran kandung kemih, bahkan juga dapat membuang bakteri E.coli bersama air kencing.

Cara mudah dan enak mengkonsumsi cranberry dengan Prive Uri-cran
Selama hamil, bawaannya ngantuk dan lemas terus. Jadi agak ribet rasanya kalau harus mengolah buah cranberry sendiri. Ditambah lagi di tempat tinggalku, buah cranberry sangat sulit ditemukan. Sekalinya ketemu, buahnya kurang fresh dan harganya cukup mahal.
Akhirnya, baru inget deh sewaktu kakak pertamaku hamil sering banget minum Prive Uri-Cran. Produk ini dibuat dari ekstrak cranberry yang mengandung proantocyanidin untuk mengatasi anyang-anyangan dan mencegah ISK. Prive Uri-Cran diproduksi oleh Combiphar dan tersedia dua varian yaitu :
Prive Uri-Cran (Kapsul)

Varian ini mengandung 250 mg Esktrak Cranberry, bentuknya berupa kapsul yang dapat diminum sebanyak 1-2 kapsul per hari. Dalam satu box isinya ada 30 kapsul.

Prive Uri-Cran Plus (Powder Sachet)

Dinamakan plus karena varian ini memiliki komposisi lebih banyak dibandingkan Prive Uri-Cran diantaranya 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium Bifidum. Bentuknya powder sachet, sehingga perlu diseduh dengan air. Dalam satu box isinya ada 15 sachet, dan dapat diminum 1-2 kali dalam sehari.

Aku sendiri sudah mencoba keduanya, dan suka banget dengan varian Prive Uri-Cran Plus. Selain dapat dikonsumsi dalam keadaan dingin tapi juga rasanya enak dan segar. Buat teman bumil yang mual, varian ini lebih recommended. Tapi kalau berpergian aku minumnya yang Prive Uri-Cran agar lebih praktis.
Setelah mengkonsumsi Prive Uri-Cran secara rutin setiap hari, rasanya badan lebih sehat dan BAK jadi normal dan lancar. Aku mulai bisa aktif beraktivitas dengan nyaman dan waktu tidurku udah nggak pernah terganggu lagi sama anyang-anyangan. Suami akupun ikut mengkonsumsinya, memang sih nggak rutin setiap hari kayak aku. Tapi aku senang karena bisa mengajak orang-orang tersayang untuk hidup lebih sehat. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?hehe. Untuk para bunda yang khawatir si kecil terkena ISK, bunda boleh kasih si kecil Prive Uri-Cran namun harus sesuai anjuran dokter ya Bun. Produk ini bisa didapatkan di Combiphar Official Store pada Lazada.
Ada yang sudah rutin mengkonsumsi Prive Uri-Cran juga kah? Varian mana favorit kalian?
Price :  
Prive Uricran : IDR 166.700
Prive Uricran Plus : IDR 125.400

More Info :
Untuk info lebih lanjut, teman-teman bisa mencari informasi di :
Website : www.uricran.co.id
Facebook : Prive Uri-cran
Instagram : @uricran.id

  • Share:

You Might Also Like

0 comments