AVOCADO PERSEOSE KANDUNGAN YANG TEPAT DALAM MERAWAT DAN MENJAGA STEM CELL PADA KULIT BAYI

By Sintha Novia Putri - March 15, 2024

Pas lagi hunting di hari pertamanya event IMOBY tanggal 1 Maret 2024, ternyata bertepatan dengan jadwal talkshow Mustela yang membahas soal pentingnya merawat dan menjaga kekayaan stem cell pada kulit bayi. Mendengar topik menarik ini rasanya sayang banget kalo dilewatkan, karena jujur saja ini pertama kalinya aku mendengar istilah stem cell pada kulit. 

Untuk melepas rasa penasaranku terhadap stem cell ini jadinya aku putuskan untuk menyimak talkshow tersebut hingga selesai. Dan ternyata materinya bagus banget, dapat insight baru mengenai pentingnya merawat kulit bayi yang akan membawa dampak positif ketika menjelang dewasa. Membuat aku merasa ada penyesalan sebagai ibu yang kurang maksimal dalam merawat kulit anakku terlebih lagi kondisi kulitnya lumayan sering mengalami kemerahan akibat biang keringat. Maafin bubu ya, Nak 🥺

Nah, di blog post kali ini aku mau berbagi tentang apa yang aku dapat dari talkshow Mustela, supaya gak ada lagi calon ibu ataupun ibu lainnya yang merasa menyesal seperti aku. Semoga bermanfaat ya 🙌🏻


Pentingnya Merawat dan Menjaga Kekayaan Stem Cell pada Kulit Bayi

Narasumber yang hadir pada talkshow tersebut adalah dr Primedhia Virdiono Helmi, Sp.KK yang akrab dipanggil dr Helmi dan Ibu Titania selaku Brand Executive Mustela.

dr Helmi menjelaskan bahwa struktur kulit bayi belum berfungsi secara sempurna dan terdapat perbedaan antara kulit bayi dengan kulit orang dewasa, diantaranya:

  1. Kulit bayi lebih sensitif sehingga mudah sekali mengalami iritasi dan kemerahan

  2. Tingkat penguapan pada kulit bayi cukup tinggi terutama pada usia 0-2 tahun sehingga kulitnya cenderung lebih kering

  3. Kulit bayi memiliki banyak stem cell (sel punca) namun sayangnya belum terlindungi dengan baik sehingga jumlah stem cell akan mudah sekali berkurang. Salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya kelembapan pada kulit, mengingat kulit bayi itu cenderung kering, tipis dan rapuh. Stem cell berperan penting untuk regenerasi kulit di usia kedepannya, maka dari itu penting sekali menjaga dan merawat kulit bayi dengan tepat. Caranya yaitu dengan menjaga kelembapannya menggunakan produk yang aman dan sesuai kebutuhan.

Menyambung pernyataan tersebut, Ibu Titania merekomendasikan produk skincare dari Mustela yang sudah terbukti aman, teruji secara klinis, dan memiliki kandungan khusus yang tidak akan ditemukan pada produk baby skincare lainnya. 


Kenapa harus Mustela?


Pertama, brand ini sudah berdiri sejak tahun 1950 dimana sudah 74 tahun mendukung para orang tua dalam merawat kulit si kecil menggunakan bahan alami dan teruji klinis. 

Kedua, Mustela memiliki sertifikasi B Corp (Benefit Corporation) yang menandakan Mustela sangat berkomitmen dalam memprioritaskan tujuan sosial dan lingkungan.

Ketiga, Mustela merupakan satu-satunya brand yang memiliki kandungan Avocado Perseose dan sudah dipatenkan oleh Mustela sehingga kandungan ini tidak akan ada dalam produk baby skincare lainnya. 

Avocado Perseose memiliki struktur biomimetik yang serupa dengan kulit bayi dan bermanfaat untuk kulit bayi, antara lain :

  • Melindungi dan menguatkan kulit bayi

  • Melembabkan kulit bayi yang cenderung kering

  • Menjaga kekayaan stem cell agar regenerasi kulitnya tetap terjaga hingga dewasa.  

Keempat, Mustela satu-satunya Baby and Child skincare products yang menyediakan produk sesuai dengan jenis kulit si kecil. Dalam talkshow, dr. Helmi sempat membahas setiap jenis kulit akan berbeda pula treatmentnya. Mustela menyediakan empat rangkaian produk dengan kandungan yang disesuaikan dengan jenis kulit, diantaranya:

  • Kulit normal, dirancang khusus untuk memberikan kelembapan setiap hari dan perlindungan yang tahan lama pada kulit Si Kecil yang masih sensitif dan rapuh.

  • Kulit kering, digunakan untuk kulit bayi sedikit kasar, cenderung bersisik atau terkadang mengelupas.

  • Kulit very sensitive, digunakan untuk kulit Si Kecil yang mudah kemerahan dan mudah merasa tidak nyaman. Rangkaian ini dirancang khusus untuk menenangkan kulit yang very sensitive.

  • Kulit atopik, cocok untuk kondisi kulit yang punya atau rentan dengan gejala eksim atau dermatitis atopik.

Setelah selesai mengikuti talkshownya, aku coba mampir ke booth Mustela untuk mencoba tekstur beberapa produknya sambil meminta saran dari SPG Mustela rangkaian produk mana yang paling cocok dengan kondisi kulit anakku. Dan jawabannya adalah rangkaian kulit normal.


Mustela Gentle Cleansing Gel

Produk ini merupakan sabun sekaligus shampoo dengan kandungan Avocado Perseose yang mampu membersihkan tubuh dan rambut dengan lembut. Diformulasikan tidak perih di mata dan aman digunakan sejak bayi baru lahir.


Claim

  1. Melembapkan, melindungi dan menguatkan lapisan kulit bayi agar tidak mudah iritasi dan kemerahan.

  2. Bebas SLS, paraben, alcohol, dan bahan kimia berbahaya lainnya.

  3. Menggunakan 90% bahan alami dengan kandungan utama Avocado Perseose untuk melindungi dan menguatkan kulit serta melembapkan kulitnya.

  4. Formulanya dapat terurai secara alami (biodegradable) dan vegan.




Packaging

Dikemas menggunakan botol bernuansa putih dengan sentuhan font biru. Kemasannya dapat didaur ulang, sehingga baik untuk lingkungan. Tersedia dalam tiga ukuran yaitu 200 ml, 500 ml, dan 750 ml. Aku pakai ukuran 200 ml tutupnya berupa flip top. Untuk kemasan yang lebih besar 500 ml dan 750 ml menggunakan pump agar lebih praktis digunakan terlebih untuk newborn.


Tekstur

Teksturnya berupa gel bening dengan aroma yang lembut dan menenangkan. Busa yang dihasilkan cukup, dan efektif membersihkan kulit dan rambut sampai bersih.


Cara pakai

Tuangkan Mustela Gentle Cleansing Gel ke tangan lalu gosokkan pada seluruh tubuh, wajah dan rambut yang sudah dibasahi air. Lalu bilas dengan hati-hati menggunakan air hingga bersih. Setelah selesai mandi, keringkan tubuh anak dengan lembut (jangan digosok). Perhatikan area bokong dan lipatan kulit seperti paha, ketiak, leher, dll.


Review 

Aku suka karena tekstur, aroma, dan formulanya benar-benar lembut dan tidak menyebabkan efek kering di kulit dd Amay. Sabun ini juga mudah sekali dibilas dan tidak meninggalkan sensasi licin di kulit.


Mustela Hydra Bebe Body Lotion

Merupakan pelembap khusus badan untuk sehari-hari dengan kandungan utama avocado perseose. Menggunakan 97% bahan alami, body lotion ini berfungsi untuk menguatkan dan melembapkan kulit. 


Claim

  1. Aman digunakan sejak bayi baru lahir.

  2. Memberikan kelembapan secara instan yang  tahan lama.

  3. Bebas alcohol, paraben dan bahan kimia berbahaya lainnya.

  4. Penggunaan rutin sehari-hari dapat membuat kulit tampak jauh lebih kenyal, lembut dan juga sehat.

  5. Sudah hipoalergenik, teruji klinis dan dermatologis.



Packaging

Kemasannya menggunakan botol pump bernuansa putih dengan sentuhan font biru. Memiliki sistem double lock, yang terpasang pada bagian leher dan lubang pump. Tersedia dalam dua ukuran yaitu 300 ml dan 500 ml. Botolnya dapat didaur ulang sehingga tidak mencemari lingkungan.


Tekstur

Teksturnya berupa krim berwarna putih susu dengan konsistensi sedikit cair. Teksturnya terasa lembut, ringan, dan cepat meresap sehingga sangat cocok untuk perawatan sehari-hari.


Cara pakai

Tuangkan Mustela Hydra Bebe Body Lotion ke telapak tangan lalu oleskan ke seluruh tubuh si kecil secara perlahan dan merata. Idealnya digunakan dua kali sehari setelah mandi pagi dan sore hari. Namun Mustela Hydra Bebe Body Lotion dapat dioleskan lagi sesuai kebutuhan.


Review

Menurutku produk ini juara dan must have product! Kulit dd Amay langsung terasa lembut, kenyal dan lembap sejak pemakaian pertama. Sayangnya Mustela Hydra Bebe Body Lotion ini belum tersedia dalam travel size.


Mustela Hydra Bebe Facial Cream

Krim wajah yang memiliki kandungan alami utama Avocado Perseose, yang tidak dimiliki oleh baby skincare lainnya, serta kombinasi bahan alami dan organic yang dapat digunakan setiap hari untuk menguatkan dan melembapkan kulit wajah, sehingga terhindar dari iritasi.


Claim

Memberikan perlindungan secara instan dan tahan lama, Melembapkan kulit dan menjadikan kulit lembut dan kenyal.


Packaging

Menggunakan kemasan tube berukuran 40 ml (hanya tersedia satu ukuran) dengan tutup flip top bernuansa putih dengan sentuhan font biru. Berbeda dengan dua produk sebelumnya, Hydra Bebe Facial Cream selain berseal tapi juga dilindung box karton dengan design yang mirip seperti tubenya. Fyi, sejak tahun 2012 Mustela menggunakan 30% plastik daur ulang untuk kemasan tube dan kemasan kartonnya diambil dari hutan yang dikelola secara berkesinambungan lho.


Tekstur

Berupa krim berwarna putih susu dengan konsistensi lebih thick dibandingkan body lotionnya. Meskipun begitu teksturnya masih mudah diratakan pada kulit dan cukup cepat meresap. Aromanya lembut wangi avocado mirip seperti dua produk sebelumnya yang jadi khas Mustela.


Cara pakai

Oleskan Mustela Hydra Bebe Facial Cream secara merata di seluruh wajah. Gunakan Dua kali sehari setelah mandi.


Review

Kulit dd Amay jauh lebih lembut dan kenyal setelah rutin memakai Hydra Bebe Facial Cream. Bintik-bintik merah akibat biang keringat di area dahi pun hilang.


Kesimpulan

Overall, aku suka karena efek melembapkannya sudah terlihat sejak pemakaian pertama. Dari segi aroma juga wanginya enak dan lembut. Komitmen Mustela terhadap lingkungan juga cukup bikin aku tertarik. Dan yang paling penting cocok di kulit anakku. 


Where to buy 

Semua produk dapat dibeli secara online melalui e-commerce di official storenya Mustela atau offline di semua reseller resmi Mustela.

  • Share:

You Might Also Like

23 comments

  1. Alhamdullilah ya, menemukan produk yang cocok buat kulitnya, dulu anakku juga pakai Mustela untuk kulit sensitifnya, karena mudah terpapar biang keringat, ruam

    ReplyDelete
  2. memang yaa penting banget ngerawat stemcell baby apalagi kan baby born yang masih sangat rentan ini harus bener2 pilih produk perawatan yang aman dan kerennya mustela ternyata sudah hadir sejak 74 th yang lalu jadi pasti dia sngat berpengalaman dalam menyediakan produk yang aman utk bayi donk yaaa

    ReplyDelete
  3. wah jadi tau detail jenis kulit sama kebutuhan bayi, infonya bermanfaat banget buat aku si calon ibu yang masih bingung dalam milih produk buat baby, makaci loh kak..

    ReplyDelete
  4. Mustela cocok juga lho buat kulit anakku, apalagi usianya skg gampang banget merah2 karna biang keringat. Awalnya ngerasa biasa aja sama biang keringat tapi skg jadi lebih aware, karna salah satu yg bikin stem cell nya hilang ya kondisi kaya gitu.

    ReplyDelete
  5. Berapa hari Kak biang keringat si kecil hilang make ini? Anakku sering banget biang keringat huhu. Sampai pusing mau pakein apa lagi 😴

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Kebetulan lagi cari-cari hadiah buat temen yang baru lahiran, eh nemu di sini. Biar nggk cuma kasih baju aja, sekalian beliin skincarenya. Hehe ~

    ReplyDelete
  8. BAru tahu nama brand ini tapi kayaknya oke, ya. Mau coba beli dulu, ah. Btw, ada trial size-nya, nggak kak?

    ReplyDelete
  9. Anakku juga lagi pake ini, paling suka Ama aromanya dech, seger and bernuansa alpukat 😍

    ReplyDelete
  10. Untuk perawatan kulit bayi memang harus teliti ya kak, karena kulitnya sensitif cocok banget nih aku butuh referensi untuk kado temen yang punya bayi . makasih infonya kak

    ReplyDelete
  11. Menarik sekali ya ttg stem cell ini.. jujur aku baru tau sih.. pastinya produk mustella aman dan cocok buat baby

    ReplyDelete
  12. Keren banget Mustela. Produknya beragam dan sesuai dengan kebutuhan kulit si kecil. Apalagi ada avocado perseose, makin oke lah.

    ReplyDelete
  13. Bagus mustela ini, jadi mantap pilih mustela untuk perawatan kulit dikecil. Karena untuk dikecil harus pilih yang terbaik.

    ReplyDelete
  14. Wah coba dulu udah ada Mustela pasti kulit aku bagus sekarang hehe beruntungnya ya baby jaman now ada Mustela yg bisa buat rawat kult

    ReplyDelete
  15. pas liat befor afternya ternyata secepat dan seampuh itu yaa mustela ini ngatasin biang keringat. Kandungan avocadonya benar-benar mantap. Bisa nih aku rekomendasikan sama sepupu aku, kebetulan maamanya juga sering bingung ngatesin biang keringat hiks

    ReplyDelete
  16. Aku dari dulu pengen coba Mustela tapi belum kesampean. Katanya bagus buat kulit baby sensitif

    ReplyDelete
  17. Keren banget ya si Mustela ini, kayaknya masuk jadi must have item deh kalau lagi punya baby. Kemarin2 aku kadoin Mustela ke temenku yang baru lahiran, dia seneng banget dong

    ReplyDelete
  18. cocok banget ya buat para bayi, kebetulan punya keponakan kecil yang udah suka mulai dibawa kemana-mana, kayaknya wajib banget pakai ini ini biar kulitnya aman terlindungi

    ReplyDelete
  19. Kualitas produk Mustela tidak perlu diragukan lagi, ya. Bagus untuk kulit bayi, terutama dalam menjaga, merawat, dam melindungi ctem cell pada kulit si kecil.

    ReplyDelete
  20. Produk Mustela ini memang recommended kayaknya ya kak udah lama ada dari tahun 1950, baby Sabila juga cocok

    ReplyDelete
  21. Ternyataa ya kita bener2 hrus pilih2 soal produkk skincare untuk sikkecil ,, memilih mustela addalah pillihan tepat,,,

    ReplyDelete
  22. Kulit bayi sensitif yaaa harus hati-hati pilih skincare bayi, untung ada Mustels yang formulanya aman untuk bayi dari baru lahir

    ReplyDelete
  23. wah gemes banget ada kandungan alpukatnya, cocok buat ponakanku :D

    ReplyDelete