WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENGGANTI RANTAI MOTOR AGAR BERKENDARA TETAP AMAN DAN NYAMAN

By Sintha Novia Putri - May 28, 2024


Saat berkendara, penting sekali mengutamakan keselamatan dan kenyamanan terutama ketika hendak bepergian jarak jauh atau di musim hujan. Maka dari itu, sebaiknya kita rutin mengecek dan melakukan service berkala supaya kendaraan kita selalu dalam kondisi prima.

Selain menjadi aman dan nyaman dikendarai, manfaat lain dari merawat kendaraan dengan baik adalah dapat memperpanjang umur kendaraan. 

Dengan melakukan service berkala, kita dapat mendeteksi sejak dini jika ada sebuah komponen pada kendaraan yang rusak atau bermasalah, sehingga bisa segera diperbaiki untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal.

Salah satunya adalah sistem transmisi pada motor yang meliputi kopling dan rantai. Pasalnya rantai motor merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi untuk meneruskan daya putaran mesin dan menggerakkan roda. Jika komponen ini rusak, akan mengakibatkan motor tidak dapat berjalan.

Sebelum itu terjadi, penting sekali sebagai pengendara mengenali ciri-ciri rantai aus agar kita tahu kapan waktu yang tepat untuk menggantinya dengan yang baru.

Ciri-ciri Rantai Perlu Diganti

1. Usia masa pakai

Meski perawatan sudah dilakukan, tentunya komponen rantai memiliki masa pakai yang bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Biasanya rantai dalam kondisi aus daya cengkramnya sudah tidak maksimal lagi. Selain itu usia gear dan rantai bisa dilihat dari jarak tempuh yaitu 10.000 - 15.000 km.

2. Bersuara berisik

Karena daya cengkramnya menurun dan jadi senggang, ketika motor digunakan rantai akan mengeluarkan suara lebih berisik dari biasanya.

3. Mudah kendor dan tidak stabil

Idealnya jarak renggang rantai sekitar 10-20 mm. Penyetelan jarak berfungsi untuk mendapat akselerasi yang responsif sesuai putaran mesin. Biasanya rantai aus akan lebih mudah kendor dan tidak stabil. Semua ini dapat dirasakan langsung saat berkendara seperti perpindahan gigi yang kasar, tarikan motor berat karena gear depan dan belakang tidak sinkron yang menghambat daya tariknya dan kendaraan berjalan kurang optimal.

Jika dibiarkan, beresiko terjadinya rantai keluar dari jalur gear bahkan bisa putus secara tiba-tiba. Tentu ini akan sangat membahayakan keselamatan.


Untuk menghindari terjadi kemungkinan yang lebih buruk lagi, jika melihat tanda-tanda diatas pada kendaraanmu sudah seharusnya langsung mengganti rantai dengan yang baru. Sebaiknya membeli di tempat yang aman dan terpercaya, seperti di Planet Ban misalnya.

Kenapa Harus di Planet Ban?

Karena di Planet Ban tidak hanya fokus pada penyediaan ban motor saja, tetapi juga menyediakan suku cadang berkualitas tinggi, pelayanan service motor, ganti oli, dan suku cadang otomotif. Saat ini di Indonesia sudah tersedia sekitar 1100 toko, sehingga sudah pasti mudah dijumpai dimanapun kita berada.

Planet Ban menyediakan Suku Cadang Eksklusif Brand X-Grade untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor Anda. Mulai dari Kampas Rem, Aki (Accu), Minyak Rem, Komponen CVT, Rantai, Cairan Anti Bocor, Filter Udara, Seal dan berbagai Suku Cadang lainnya, semua ditawarkan dengan harga yang transparan.

Selain itu terdapat beberapa keunggulan mengganti rantai motor di Planet Ban diantaranya :

  1. Spare part premium.

  2. Pemasangan gratis untuk produk yang dibeli dan dipasang di toko. 

  3. Tersedia juga pelayanan gratis isi Nitrogen, pengecekan sepeda motor dan konsultasi kondisi sepeda motor.

  4. Mekanik yang professional dan berpengalaman. 

Berapa Harga Rantai Motor di Planet Ban?

Sebelum membeli, sebaiknya periksa spesifikasi rantai motor yang sesuai dengan kebutuhan motor. Mulai dari ukuran, tipe, hingga bahan yang digunakan. Tenang saja, disana akan ada tim mekanik yang bersedia membantu.

Di Planet Ban menyediakan rantai sepeda motor premium keluaran brand X-Grade untuk jenis motor bebek dan sport.

Tersedia dalam enam type, diantaranya :

  1. CHAIN KITS H02-KTL

  2. CHAIN KITS H01-KPH

  3. CHAIN KITS H03-K18

  4. CHAIN KITS Y01-5TP

  5. CHAIN KITS Y02-50C

  6. CHAIN KITS Y03-1PA

Masing-masing type ini bisa digunakan untuk motor kharisma/supra 125, revo/new supra fit, verza 150 (428H), Jupiter Z, Jupiter MX New, dan New Vixion. 

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, mulai dari IDR 153.000 sampai dengan IDR 258.000 tergantung wilayah. Lengkapnya cek harga disini.


Setelah menggantinya dengan yang baru, jangan lupa untuk menggunakan pelumas khusus rantai, dan membersihkan gearnya minimal sebulan sekali. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kondisi rantai terhindar dari karat dan tidak mudah aus.

Hindari pelumasan rantai menggunakan oli bekas atau oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan, karena dapat menyebabkan rantai cepat berkarat, renggang, kaku dan gear rantai cepat aus. 

Jika kendaraan dalam kondisi prima, maka pengalaman berkendara pun akan terasa nyaman dan aman.


  • Share:

You Might Also Like

20 comments

  1. berkat baca artikel planet ban aku jadi semakin aware dengan perawatan motor ku..karena selama ini cuek aja masalah motor :(

    ReplyDelete
  2. Planet ban ini cabangnya udah di mana² gak sih? Kalau Banjarmasin udah ada belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak area rumahku aja ada 3 lokasinya juga lumayan berdekatan. Sepertinya disana jg sudah ada

      Delete
  3. Servis berkala sangat bermanfaat karena mengantisipasi banyak kerusakan berat pada part kendaraan seperti rantai.. harus lebih aware sama kendaraan yg kita pakai setiap hari ya.

    ReplyDelete
  4. murah ya mbak servis servis ginian ke planet ban, harga onderdil motornya juga terjangkau banget menurut saya sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba murah karena sudah termasuk jasa pemasangan (free)

      Delete
  5. oke nambah ilmu perbengkelan baru lagi, maklum deh ga paham wkwk
    soalnya kalo ke planet ban aku cuma buat ganti ban aja, ternyata lengkap banget yah sampe rantai pun juga ada hihi

    ReplyDelete
  6. Ternyata rantai juga ada masanya ya. Aku gak tau apa-apa soal kendaraan gini, kalau mau service atau ganti apa-apa selalu ngandelin adikku soalnya. Untunglah nemu postingan kamu, jadi lebih tau sekarang

    ReplyDelete
  7. Aku sering nih denger motor berisik brarti jangan-jangan penyebabnya rantainya perlu di ganti ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak faktor penyebab mba, tp besar kemungkinan iya

      Delete
  8. wah pernah nih saya naik motor, terusrantainya putus. Masya Allah rasanya dag dig dug. kebetulan ada bengkel dekattempat putus rantai tadi, andaiaa planet ban terdekat, pasti sudah saya bawa ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejadian yg sangat tidak diinginkan ya mba rantai putus tuh, penting sekali untuk cek berkala supaya tidak terulang

      Delete
  9. Ternyata urusan rantai motor juga perlu diperhatikan ya, bahaya sih kalau gak diperhatikan apalagi kalau sampai rantai putus ditengah jalan. Makasih ka jadi tau tentang gimana waktu yang tepat untuk mengganti rantai.

    ReplyDelete
  10. Pelayanan Planet Ban ini profesional banget ya kak. Aku menunggu mereka buka cabang di Banjarmasin

    ReplyDelete
  11. Waaa ternyata kalau rantai mulai berisik itu menandakan adanya kerusakan ya kak dan harus diganti. Aku setuju sih paling aman ganti yang bersangkutan sama motor itu di planet ban aja. Layanannya memuaskan

    ReplyDelete
  12. Aku gak ngerti banged soal perbengkelan kayak gini, makasih banyak lowh artikelnya jadi ngebantu aku buat paham😍

    ReplyDelete
  13. Biasanya kalau mau cek rantai motor saat service sekalian. Biasanya juga suka datang ke Planet Ban kalau service.

    ReplyDelete
  14. Tips-tips yang diberikan sangat berguna, terutama tentang tanda-tanda rantai yang perlu diganti

    ReplyDelete
  15. Sebgai orang yang jarang menggunakan kendaraan sendiri jadi banyak tahu soal kapan harus melakukan penggantian rantai agar tetap aman dan nyaman

    ReplyDelete