TIPS MEMILIH TELUR YANG BAGUS

By Sintha Novia Putri - April 15, 2024

Kalau ditanya bahan apa yang wajib tersedia dikulkas, jawabannya adalah telur. Sengaja selalu ngestok banyak karena buatku telur ini bagaikan penyelamat disaat :

1. Gak sempat pergi ke pasar

Waktu yang aku punya untuk pergi ke pasar adalah pagi hari sebelum suami berangkat kerja supaya ada yang jaga anak-anak. Soalnya agak repot ya bun kalau harus bawa dua toddler ke dalam pasar yang cukup ramai padat. Nah kalau gak keburu ke pasar, telur jadi pertolongan pertama karena selalu tersedia dalam kulkas.

2. Malas masak ribet

Karena cara mengolahnya gampang, telur bisa jadi menu satset dikala mager masak. Dibikin telur ceplok, dadar, orak-arik, balado, daaan berbagai olahan telur gampang lainnya. Alhamdulillahnya anak-anak memang suka sekali makan telur.

3. Menu tanggal tua

Soal menu makan di tanggal tua, menghemat adalah pilihan tepat. Selain mudah ditemukan, harga telur juga cukup terjangkau sehingga bisa jadi salah satu solusi terbaik untuk menghemat namun tetap padat gizi ketimbang mie instan.

4. Anak GTM

Adakalanya anak-anak GTM, entah karena bosan dengan menu sehari-hari atau sedang kurang nafsu makan. Biasanya aku mengakalinya dengan mengolah bahan-bahan makanan menjadi sebuah camilan, seperti crispy potato stick, pudding, mac n cheese, dll. Tidak lupa menyelipkan telur sebagai bahannya supaya kebutuhan gizi hariannya tetap tercukupi.

Selain keempat alasan di atas, telur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti membentuk sel dan jaringan tubuh, meningkatkan fungsi otak, baik untuk kesehatan mata, juga menguatkan sistem imun.
Nah di artikel ini, aku mau berbagi tips dalam memilih telur yang baik dan sesuai dengan yang kita butuhkan. Tips ini aku dapatkan dari hasil tanya-tanya sama beberapa penjual telur. Semoga bermanfaat ✨️

Tips Memilih Telur

1. Pilih telur berdasarkan warna cangkangnya

Telur berwarna cerah memiliki cangkang yang lebih tipis dibandingkan telur berwarna gelap. Jika ingin membeli dalam jumlah banyak untuk dijadikan stok, sebaiknya pilih telur berwarna gelap agar lebih tahan lama.

2. Pilih telur yang mulus

Telur yang memiliki bintik-bintik hitam  biasanya ciri-ciri hasil telur dari ayam yang sudah tua atau sudah mau berakhir masa produktifnya. Tentunya ini mempengaruhi kandungan gizi dari telur tersebut yang kurang maksimal. Jadi sebaiknya pilih telur yang mulus dan tidak memiliki bintik-bintik hitam pada cangkangnya ya.

3. Pilih telur berdasarkan bentuknya

Telur dengan bentuk bulat biasanya isi kuning telurnya akan lebih padat dan banyak dibandingkan telur berbentuk lonjong. Begitu sebaliknya, telur lonjong memiliki jumlah putih telur lebih banyak dibandingkan telur bulat. Aku pribadi lebih suka membeli telur berbentuk lonjong.

4. Perhatikan bagian bawah telur

Biasanya telur yang memiliki permukaan kasar pada bagian bawahnya merupakan ciri-ciri telur tersebut sudah lama disimpan. Jadi sebaiknya pilih yang permukaannya halus supaya masih fresh. 

5. Cek isi telur dari aroma dan suara

Terakhir, coba guncangkan telur secara perlahan. Jika bersuara, artinya kualitas telur sudah menurun dan kurang segar karena bagian putih telur sudah encer sehingga mengeluarkan suara ketika diguncang. Kita juga bisa mengecek apakah telur tersebut masih segar atau tidak dari aromanya, biasanya telur yang sudah busuk akan mengeluarkan aroma tidak sedap.

  • Share:

You Might Also Like

11 comments

  1. Wah, makasih lho kak tipsnya. Selama ini aku memilih telur kalau liat ukurannya agak besar doang. Ternyata ada caranya ya urusan memilih telur ini.

    ReplyDelete
  2. Baru tahu bisa prediksi isi dominan telur dengan lihat bentuknya. Biasanya aku pilih suka-suka aja pas beli. Next pengen coba tips ini. Makasih ya kak.

    ReplyDelete
  3. Noted kak, dengan cara diguncang bisa melihat kualitas telur ya, aku kalau beli telur suka milih yang bersih, soalnya gimana ya kalau ada kotoran agak risih

    ReplyDelete
  4. Waaaa tipsnya bermanfaat banget kak buat aku yang suka stok telur buat waktu yang cukup lama. Duh pantes aja kalau dapet telur yang cangkangnya cerah terus ada bintik-bintik hitamnya cepet banget busuk. Ternyata telurnya berkukit tipis dan sudah termasuk tua ya

    ReplyDelete
  5. wah bener banget nih, aku juga salah satu yang selalu stock telur di kulkas, selain simple telur jg prohe yang murah dan paling disuka bocil, thanks ka infonya

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu nih kalau milih telur juga ada triknya. Selama ini ngasal aja kalau milih telur huhuhu. Makasih tipsnya kak

    ReplyDelete
  7. selama ini aku pikir milih yang mulus aja udah cukup, ternyata dari bentuk sama aroma juga harus diperhatiin yah kalo beli telur? hmm jujur baru tau sih, makasih banyak loh kak tipsnya..

    ReplyDelete
  8. Mbak aku perhatiin kok bener semua yaaa tipsnya. Aku bandingkan dengan telur2 yg selama ini aku beli. Makasih ya mbaak tipsnya.

    ReplyDelete
  9. Selama ini sih beli telur selalu pasrah sama penjualnya, palingan minta yang ukuran besar atau kecil saja.
    Tipsnya bisa jadi pedoman ni kalo beli telur lagi, thanks kak

    ReplyDelete
  10. Aku tuh suka bingung untuk memilih telur ? Dengan baca ini jadi nambah lagi deh tipsnya bantu banget thanks ya

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah setelah jadi ibu dan sering belanja telur sendiri jadi bisa membedakan telur yang bagus dan jelek. Ilmu penting nih!

    ReplyDelete